Berita

Pemnag Pasia Laweh dan PWI Agam Gelar Jambore Jurnalistik

66
×

Pemnag Pasia Laweh dan PWI Agam Gelar Jambore Jurnalistik

Sebarkan artikel ini
Pemnag Pasia Laweh dan PWI Gelar Jambore Jurnalistik
Pemerintah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah melakukan musyawarah dalam mempersiapkan kegiatan Jambore Jurnalistik kerja sama kemitraan dengan PWI Agam dalam menggelar Jambore Jurnalistik yang akan digelar, Sabtu-Minggu (23-24 Januari 2021). (ist)

MJNews.id – Pemerintah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah jalin kemitraan dengan PWI Agam dalam menggelar Jambore Jurnalistik yang akan digelar Sabtu-Minggu (23-24/1/2021). 

Walinagari Pasia Laweh, Zul Arfin Dt. Perpatih, Minggu (17/1/2021) menjelaskan, dalam kegiatan tersebut puluhan generasi muda di nagari dari jajaran nagari hingga jorong ikut andil dan lainnya sebagai peserta dalam mengikuti program tersebut.

“Kita targetkan kegiatan ini diikuti sekitar 70 orang wartawan dan 50 media baik online, cetak maupun elektronik. Termasuk wartawan pemula yang memiliki bakat jurnalistik dari Kecamatan Palupuah,” katanya.

Setidaknya media yang sudah mendaftar 26 media dan 32 orang wartawan. Ini tidak hanya dari Agam, tapi juga berasal dari daerah lain seperti Payakumbuh dan Bukittinggi.

Tema yang diangkat pada kegiatan pertama di Agam ini adalah “Bersama Media Nagari Maju”.

Jambore ini diisi dengan beragam kegiatan seperti pelatihan dasar jurnalistik, bakti sosial, pentas seni, api unggun, festival kuliner berbahan pisang, dan jelajah sungai berupa mandehe situkah.

Selanjutnya memancing ikan baung di malam hari, manangguak udang, menembak ikan garing, tubbing, mandi air panas, peninjauan area penangkaran burung Lubuak Batu Gajah.

“Kita juga laksanakan kegiatan olahraga berupa pertandingan persahabatan catur, voli dan bulu tangkis,” katanya.

Kemudian kegiatan lainnya yaitu safari wisata di kawasan agro petik buah jeruk Ladang Ateh, tinjau lokasi wisata di nagari-nagari, ceramah agama, shalat subuh berjamaah, serta dialog media dan makan beralas daun pisang.

PWI Kabupaten Agam mendukung secara penuh pelaksanaan Jambore Jurnalistik yang diinisiasi Pemerintah Nagari Pasia Laweh, karena katanya kegiatan itu bagian dari program PWI.

Ketua PWI Agam, Mursyidi, mengatakan, Jambore Jurnalistik ini adalah bagian dari program PWI dalam mendukung pembanguan, khususnya di nagari, sekaligus momen menyongsong Hari Pers Nasional Tahun 2021.

“Selama masa pembinaan, peserta juga diberikan tugas melipit seluruh rangkaian acara yang dilakukan menjadi materi pemberitaan nanti,” katanya.

Pelatihan jurnalistik pemula, kemudian dari beragam kegiatan yang dilaksanakan akan dijadikan bahan berita yang bakal dimuat di Website Nagari Pasia Laweh.

(*/irm)

Kami Hadir di Google News