Berita

Ketua Komisi III DPRD Agam Ade Ria Dukung Operasi Bersih Gunung Marapi

85
×

Ketua Komisi III DPRD Agam Ade Ria Dukung Operasi Bersih Gunung Marapi

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi III DPRD Agam Ade Ria
Ketua Komisi III DPRD Agam, Ade Ria.

MJNews.id – Ketua Komisi III DPRD Agam, Ade Ria menginisiasi dan mendukung rencana pembersihan sampah di Gunung Marapi. Pembersihan sampah dilakukan bersama dengan Komunitas Pecinta Alam (KPA).

Ade Ria menjelaskan, operasi bersih ini, berawal dari ide dari beberapa komunitas pecinta alam yang disampaikan padanya. Ternyata, ide itu disambut baik Ade Ria, karena memang sejalan dengan pemikirannya yang juga merupakan putri asli dari Sungai Pua.

“Mereka menginisiasi operasi bersih Gunung Marapi dan memang sejalan dengan ide kami. Operasi bersih ini, rencananya dilakukan oleh beberapa komunitas, tidak khusus mapala saja,” jelasnya, saat ditemui sejumlah wartawan ketika berada di Bukittinggi, Kamis (21/01/2021).

Ade Ria menyampaikan, operasi bersih Gunung Marapi ini, dilakukan karena kondisi saat ini sudah tidak baik dan banyak sampah menumpuk. Sasarannya, penyelamatan bumi karena kondisi yang sudah kronis dan bisa menyebabkan longsor.

“Kita sangat berterima kasih kepada komunitas yang sangat peduli lingkungan ini. Tapi syaratnya, harus fokus. Jangan pandang kami sebagai anggota dewan. Tapi pandanglah kami sebagai teman yang sama sama peduli dengan lingkungan,” ungkapnya.

Aksi penyelamatan bumi ini, menurut rencana akan dilaksanakan tiga hari, mulai dari hari Jumat (22/01/2021) hingga Minggu (24/01). Nantinya sampah akan dipisahkan, mana yang sampah organik dan anorganik.

“Intinya, semua sampah akan dibawa dari Gunung Marapi dan akan diolah. Kita berharap, tidak ada pembakaran. Aksi ini tentunya juga diharapkan mata masyarakat sekitar dan para pendaki terbuka. Ada kesadaran untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” tambahnya.

Hendri, salah seorang Penggiat Alam Sumbar, mengungkapkan, Aksi sosial bersih Gunung Marapi ini dilakukan karena memang kondisi sampah di gunung sudah tidak wajar.

“Efeknya bisa menyebabkan banijir bandang. Bahlam saat ini sumber air di gunung juga sudah mulai tercemar. Untuk itu, kita lakukan pembersihan untuk menyelamatkan bumi ini. Alhamdulillah didukung oleh Ibu Ade Ria,” ungkapnya.

Menurut rencana kegiatan ini akan diikuti sekitar 500 orang dan juga melibatkan pemerintahan nagari, Niniak Mamak dan warga setempat. Kegiatan ini juga akan didukung Pemkab Agam.

(*/ril)

Kami Hadir di Google News