Berita

Lagu Minang Karya Sexri Budiman Difestivalkan

84
×

Lagu Minang Karya Sexri Budiman Difestivalkan

Sebarkan artikel ini
peserta semi final Festival Lagu Minang karya Sexri Budiman
Para peserta semi final Festival Lagu Minang karya Sexri Budiman tingkat Sumbar foto bersama Ketua DPRD Sumbar, Supardi dan Kepala Taman Budaya Sumbar, Muasri, Senin (24/8) saat pembukaan kegiatan itu. (Ist)

mjnews.id – Tak ingin lagu Minang terasa asing bagi kaum milenial dan menjadi tuan di rumah sendiri, maka Taman Budaya Sumbar mengangkat Festival Lagu Minang tingkat Provinsi Sumbar 21-25 Agustus. Peserta Festival Lagu Minang itu, membawakan lagu karya seniman besar Sumbar, Sexri Budiman sebanyak 30 lagu.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat membuka semi final festival Lagu Minang tersebut di Taman Budaya, Senin (24/8/2020) mengatakan, kendati saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19, namun tak membuat karya dan kreativitas seniman berhenti.

Menurutnya festival ini sangat baik, karena kaum milenial saat ini mulai kehilangan jati diri selaku orang Minang. Lagu Minang dianggap mereka untuk usia tertentu, padahal Lagu Minang untuk semua kalangan bahkan di luar orang Minang.

“Hingga saat ini, seniman di Kota Padang belum ada terkontaminasi Covid-19. Kita bersyukur, para seniman bisa beraktivitas secara baik. Melalui festival ini, bagaimana mengangkat kembali lagu Minang di Sumbar,” ujar Supardi.

Dikatakannya, Lagu Minang harus menjadi kebutuhan hidup, bukan pelengkap lagi terutama untuk generasi muda.

Disebutkannya, Sexri budiman salah satu seniman besar di Sumbar yang perlu diberikan apreasiasi termasuk para seniman lainnya. Sebab, hidup tanpa seni akan membuat hidup jadi gersang. 

“Harus dihargai para seniman dan kegiatan seperti ini. Satu hingga tiga kali setahun harus diangkat dan dipentaskan. Tentu diharapkan Taman Budaya sebagai tempat tongkrongan seniman,” imbuhnya.

Taman budaya harus dijadikan sebagai rumah kedua para seniman. Lalu juga diperhatikan jaminan di hari tua para seni- man.

Pada tempat yang sama, Kepala Taman Budaya Sumbar, Muasri mengatakan, antusias peserta milenial untuk mengikuti festival ini cukup baik. Itu dibuktikan yang mendaftar sebanyak 76 orang dan lolos hingga memasuki semi final sebanyak 30 orang.

Dikatakan Muasri, babak penyisihan dilakukan secara virtual untuk mengurangi kerumunan massa demi mencegah penularan Covid-19. Baru pada babak semi final dilakukan secara langsung, karena peserta tak banyak lagi namun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Seniman Lagu Minang, Sexri Budiman menambahkan, ada sebanyak 30 lagu karya seninya dinyanyikan oleh peserta.

Salah satu Lagu Minang karya seninya yang hits dengan judul Salah Menimbang. Babak Final dan pengumuman pemenang pada hari ini, Selasa (25/8/2020). 

(eds)

Kami Hadir di Google News