Berita

BLT Datang, UMKM di Tanah Datar Diharapkan Bergairah Lagi

74
×

BLT Datang, UMKM di Tanah Datar Diharapkan Bergairah Lagi

Sebarkan artikel ini
dafrijal
Kadis Koperindag tanah Datar, Dafrizal

mjnews.id – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Datar bisa sedikit bernafas di tengah deraan pandemi Covid-19 yang telah menghantam usahanya.

Pelaku UMKM ini bakal menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang disalurkan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar.

“Untuk ini ada sebanyak 420 pelaku usaha sudah menerima BLT tahap satu dari Kementerian Koperasi dan UKM RI,” kata Kadis Koperindag Dafrizal didampingi Kabid Koperasi dan UKM Lola Nasution saat dihubungi, Kamis (3/9/2020).

Bantuan BLT disalurkan melalui bank BRI semula diusulkan sebanyak pada 460 UMKM, selanjutnya akan diberikan untuk tahap kedua.

Diutarakan Kadis, penyaluran BLT tahap dua, pihaknya sudah menerima 3.200 lebih berkas untuk diinput ke kementerian dalam waktu dekat.

“Pelaku usaha mikro akan bisa memanfaatkan bantuan ini agar kembali bergairah dalam usahanya setelah berbulan-bulan terpengaruh akibat pandemi Covid-19,” timpalnya.

Ia meminta pada pelaku yang sudah mengirimkan berkas untuk bersabar, karena usulannya sudah dientri ke kementrian. Karena berdasarkan surat kementrian, kuota penerima BLT tahap dua hanya dibatasi 12 juta saja.

Pelaku usaha itu, katanya, diharapkan mengikuti protokol Covid-19 agar tidak terjadi keramaian saat penyerahan berkas pelaku usaha memberikan ke perangkat nagari dan mengantarkannya ke dinas.

Untuk kelanjutan usahanya, Kadis menyarankan agar pelaku usaha beralih ke digital dengan Daring atau Medsos. Dalam hal ini, tentu mesti melek teknologi sehingga usahanya bisa dipasarkan saat penyebaran virus itu masih terjadi.

(efr)

Kami Hadir di Google News