Berita

Pjs Wako Solok Buka Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan

72
×

Pjs Wako Solok Buka Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan Kota Solok
Pembukaan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan ditandai pemukulan gong oleh Pjs. Wako Solok. (Humas)

mjnews.id – Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Solok, Asben Hendri membuka secara resmi kesepakatan dan pencanangan kesatuan gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan tahun 2020 di ruang rapat Bappeda Kota Solok, Kamis (15/10/2020).

Dalam sambutannya, Pjs Walikota mengatakan, KKG PKK KKBPK Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK bersama OPD terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik formal maupun non formal.

Dalam pelaksanaan kegiatan, menurut Asben, kesatuan gerak PKK KB Kesehatan telah banyak menunjukkan nilai positif dan hasil yang nyata di tengah masyarakat serta mendapatkan pengakuan yang luas sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat. 

Hal ini diamanatkan Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

“Dilaksanakannya PKK-KB-Kesehatan di Kota Solok agar seluruh anggota PKK untuk tidak bosan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan Kesehatan dalam meningkatkan taraf ekonomi dan status gizi khususnya anak dan balita keluarga Pra KS dan KSI,” ujarnya.

Guna mewujudkan peningkatan taraf ekonomi dan status gizi, TP-PKK bersama Pemerintah Kota Solok bertekad untuk berperan aktif di tengah-tengah masyarakat dalam upaya untuk mencapai hasil yang maksimal melalui momentum KKG PKK KKBPK Kesehatan ini.

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19 ini, sebagai upaya mengurangi penyebarannya, segala macam bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan diminimalisir. Oleh karena itu, pelaksanaan KKG PKK KKBPK Kesehatan di Kota Solok tahun ini Rapat Kesepakatan dan Pencanangan KKG PKK KKBPK Kesehatan tahun 2020 disamakan kegiatannya.

Bedanya, sekarang dengan protokol kesehatan dan jangan diabaikan. “Pemerintah Kota Solok dan seluruh OPD terkait beserta seluruh masyarakat sangat mendukung kegiatan KKG KKBPK Kesehatan ini. Melalui kesatuan gerak ini, semua bisa bersama-sama mensukseskan program KKG PKKBPK Kesehatan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya. 

Kegiatan ini dikemas dengan tema “Kita Perkuat Program Bangga Kencana di Kampung KB Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19”. 

Hadir Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ardinal, Pjs. Ketua TP. PKK Kota Solok Ny. Rosselini Asben, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Delfianto, Camat dan Lurah se-Kota Solok serta jajaran TP. PKK.

(Dasril Chaniago)

Kami Hadir di Google News