Berita

Inovasi Disnaker Pasbar, Mudahkan Pencaker Melalui Aplikasi Bursa Kerja Plus

88
×

Inovasi Disnaker Pasbar, Mudahkan Pencaker Melalui Aplikasi Bursa Kerja Plus

Sebarkan artikel ini
Launching Aplikasi Bursa Kerja
Momen saat peluncurun aplikasi bursa kerja plus dari Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat. (ist)

mjnews.id – Guna memudahkan para pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasaman Barat, memberi fasilitas dengan aplikasi bursa kerja (BK) plus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pasaman Barat, Joko Santoso, mengatakan, aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana perekrutan tenaga kerja ataupun untuk magang kerja dan pelatihan.

Apalagi, saat ini dampak dari wabah Covid-19 sangat terasa. Banyak perusahaan yang memberhentian karyawannya dan UMKM banyak tutup. Akibatnya, jumlah pengangguran semakin meningkat di Pasaman Barat.

“Mudah-mudahan dengan aplikasi ini dapat memudahkan pencari kerja untuk melihat lowongan pekerjaan dan mencari informaai tentang tempat magang dan pelatihan,” harapnya.

Hal itu dilakukan dalam rangka mengelola informasi pasar kerja yang lebih baik. Menurutnya, ada tiga hal yang masih perlu mendapat perhatian yaitu pembenahan regulasi, pengembangan aplikasi dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Salah satu upaya pengembangan SDM yang ditempuh adalah dengan peningkatan kompetensi atau pengetahuan para admin walinagari, admin SMK dan admin perusahaan yang ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah warga Pasaman Barat yang bekerja dari umur 15 sampai 65 tahun ke atas mencapai 185.371 orang, jumlah pengangguran 9.016 orang dengan jumlah angkatan kerja 194.387 orang.

(dik/win)

Kami Hadir di Google News