Wisata

Agar Tetap Diminati, Destinasi Wisata Pessel Harus Dikelola Profesional

72
×

Agar Tetap Diminati, Destinasi Wisata Pessel Harus Dikelola Profesional

Sebarkan artikel ini
Wabup Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar
Wakil Bupati Pesisir, Rusma Yul Anwar.

mjnews.id – Destinasi pariwisata perlu dikelola secara profesional agar wisatawan merasa puas dan senang saat kembali ke daerah atau negara tempat tinggalnya. Apabila wisatawan merasa tidak puas dan risih saat berkunjung ke suatu destinasi pariwisata, maka akan berdampak buruk bagi destinasi pariwisata tersebut, meskipun memiliki branding kelas dunia, nasional dan lokal.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pesisir, Rusma Yul Anwar, baru-baru ini, di Painan.

Menurutnya, destinasi wisata sangat dipengaruhi oleh akses, atraksi, amenitas dan ancillary (penunjang dan jasa). Pengaruh itu dimulai sejak kedatangan wisatawan, selama beraktivitas di destinasi, dan kembali ke daerah atau negara asalnya.

”Pengalaman selama beraktivitas di destinasi pariwisata akan menjadi faktor penentu apakah suatu destinasi pariwisata akan berhasil atau gagal di kemudian hari,” ujarnya.

Dikatakannya suatu destinasi wisata perlu dikelola secara profesional agar wisatawan merasa puas dan senang saat kembali ke daerah atau negara tempat tinggalnya. Apabila wisatawan merasa tidak puas dan risih saat berkunjung ke suatu destinasi pariwisata, maka akan berdampak buruk bagi destinasi pariwisata tersebut, meskipun memiliki branding kelas dunia, nasional dan lokal.

“Di sinilah peran pelaku pariwisata atau penyedia jasa, mulai dari pengusaha hotel, homestay, restoran travel agent, pramuwisata, operator diving. Pengembangan SDM seluruhnya sangat penting agar para pengunjung dan wisatawan dapat menikmati perjalanan wisata,” jelasnya.

Ditambahkan, pelaku usaha harus bisa meningkatkan kualitas pengalaman berwisata bagi para wisatawan.Dimana pembangunan pariwisata harus peka terhadap tingkat kepuasan wisatawan, sehingga menjadikan perjalanan wisata nya sebagai sebuah pengalaman yang berharga.

“Dalam hal ini, kualitas produk wisata serta interpretasinya memiliki peranan sangat penting bagi kualitas pengalaman berwisata seseorang,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan Wabup. Untuk memajukan pariwisata adalah rasa optimis bersama bisa memajukan pariwisata di Kabupaten Pessel. Pariwisata saat ini menjadi salah satu tren yang berkembang cukup pesat dan dianggap sebagai industri yang cukup menjanjikan.

(man)

Kami Hadir di Google News