Wisata

Irigasi Koto Kandis Pessel Dikembangkan Jadi Ekowisata

91
×

Irigasi Koto Kandis Pessel Dikembangkan Jadi Ekowisata

Sebarkan artikel ini
Irigasi Koto Kandis
Irigasi Koto Kandis, Kecamatan Lengayang dikembangkan menjadi kawasan wisata. (ist)

mjnews.id – Selain menjadi sumber pengairan bagi ribuan hektare lahan pertanian di Kambang, Kecamatan Lengayang, Irigasi Koto Kandis juga dikemas menjadi objek wisata.

Untuk lebih memajukan dan mengembangkan objek wisata tersebut sebagai ekowisata, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menginstruksikan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk membuat program rencana pengembangan Irigasi Koto Kandis.

“Saya berharap objek wisata ini bisa terus dikembangkan. Kedepan, kawasan ini harus dikemas dan ditata agar lebih bagus lagi,” kata Bupati Hendrajoni usai menghadiri silaturahmi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, Jumat (28/8/2020).

Acara silaturahmi dengan Pokdarwis dan masyarakat tersebut ditutup dengan doa dan makan bajamba di lokasi Irigasi Banda Koto Kandis tersebut.

Hadir pada acara silaturahmi Kepala Bappedalitbang, Yozki Wandri, Camat Lengayang, Zoni Eldo, walinagari, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah berkontribusi terhadap kemajuan ekowisata Irigasi Koto Kandis.

Kepada masyarakat dia meminta agar potensi wisata yang dimiliki oleh Kampung Koto Kandis tersebut bisa dijaga.

“Irigasi ini memiliki potensi untuk menjadi objek wisata andalan karena semua daerah punya alam seindah ini, sehingga harus dijaga dan terus dipelihara,” harapnya.

Terkait usulan masyarakat untuk disediakannya penerangan listrik di kawasan objek wisata tersebut, dia menginstruksikan instansi terkait segera menindaklanjutinya.

“Saya minta kepada Dinas Perhubungan segera menyediakan anggaran untuk pengadaan lampu penerangan di lokasi wisata. Terkait pembangunan dan peningkatan sarana jalan, bila tidak tersedia dalam APBD kabupaten, saya akan menghadap langsung ke Menteri PUPR,” tegasnya.

Sementara Ketua Pokdarwis Koto Kandis, Yon Mendri menyampaikan ucapan terima kasih kepada tokoh perantau Mayor Laut Derianton, karena telah memberikan sumbangsih terhadap kemajuannya ekowisata Irigasi Koto Kandis.

“Berbagai motivasi itu mendapat dukungan dari masyarakat dan tokoh masyarakat di Kampung Koto Kandis hingga berkembang saat ini,” katanya

Dijelaskannya bahwa di lokasi ekowisata itu ada beberapa program yang dilakukan yaitu memperkuat jaringan organisasi, pengembangan paket-paket wisata sesuai dengan potensi yang dimiliki seperti arum jeram.

“Kami berharap kawasan ini bisa terus berkembang, sebab memiliki potensi yang sangat besar,” katanya. 

(myd)

Kami Hadir di Google News