Sumatera Barat

750 Mahasiswa UIN Syahada Padang Sidempuan KKN di Pasaman Barat

167
×

750 Mahasiswa UIN Syahada Padang Sidempuan KKN di Pasaman Barat

Sebarkan artikel ini
750 Mahasiswa UIN Syahada Padang Sidempuan KKN di Pasaman Barat
Sebanyak 750 Mahasiswa UIN Syahada Padang Sidempuan KKN di Pasaman Barat. (f/kominfo)

Mjnews.id – Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Sumbar, Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto menerima sebanyak 750 mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (UIN Syahada) Padang Sidempuan, Sumatera Utara, kuliah kerja nyata (KKN) di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Gunung Tuleh, Kecamatan Sungai Aur, Kecamatan Lembah Melintang dan Kecamatan Ranah Batahan, Senin (17/7/2023) di halaman kantor bupati setempat.

Bupati Hamsuardi saat melepas mahasiswa KKN tersebut menjelaskan, bahwa Pasbar terdiri 11 kecamatan dan 90 nagari yang baru saja dimekarkan. Visi misi Pemerintah Daerah Pasbar yakni ‘Menjadikan Pasbar yang Bermartabat, Agamais, Maju dan Sejahtera’. Dalam melaksanakan dan menyukseskan visi misi tersebut dibuatkan program unggulan yakni program Magrib Mengaji, Tahfidz Al-Qur’an, Berobat Gratis dan masih banyak program lainnya.

“Pada kesempatan ini kami berharap, mahasiswa dapat membantu menyukseskan program unggulan Pemda Pasbar dengan mensosialisasikannya selama menjalani masa KKN. Atas nama Pemda Pasbar kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya, silahkan kepada anak-anak kami untuk belajar dengan sebaik mungkin serta menyesuaikan diri dengan masyarakat,” ujar Bupati Hamsuardi.

Sementara itu, Wakil Rektor UIN Syahada Dr. Anhar berterimakasih atas jamuan dan sambutan yang dilakukan oleh Pemda Pasbar melalui Bupati, Wakil Bupati, Sekda Pasbar dan pihak terkait lainnya. Ia percaya, kedekatan yang terjalin antara Padang Sidempuan dengan Pasbar yang multietnis diharapkan dapat memberikan mahasiswa KKN UIN Syahada bekal ilmu terutama dari guru besar di dalam masyarakat yang dijadikan sebagai dosen kehidupan.

Selain itu, laporan Ketua Panitia yang disampaikan Amaluddin Ritonga menjelaskan tidak sedikit dosen dan mahasiswa di UIN Syahada yang berasal dari Pasbar. Jumlah mahasiswa KKN UIN Syahada tahun 2023 yakni sebanyak 1.540 mahasiswa yang menyebar di 2 Provinsi yaitu Provinsi Sumut khususnya Penyabungan dan Provinsi Sumbar khususnya Pasbar yang berjumlah 750 orang.

“UIN Syahada terdiri dari 4 Fakultas yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, serta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. KKN Mahasiswa dari beberapa Fakultas ini di mulai dari tanggal 15 Juli sampai 31 Agustus 2023. Kita berharap, melalui KKN ini dapat terjalin kerjasama yang erat antara mahasiswa dan Pemda serta masyarakat Pasbar,” tambah Amaluddin.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan cinderamata dari Pemda Pasbar kepada perwakilan Rektor UIN Syahada yang diserahkan oleh Wabup Risnawanto. Dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata berupa oleh-oleh dari UIN Syahada Padang Sidempuan yang diterima oleh Bupati Hamsuardi didampingi Sekda Hendra Putra dan stakeholder terkait. (wal)

Kami Hadir di Google News