Sumatera Barat

Pemilihan Duta GenRe Pasbar Masuki Grand Final

113
×

Pemilihan Duta GenRe Pasbar Masuki Grand Final

Sebarkan artikel ini
Pemilihan Duta GenRe Pasbar Masuki Grand Final
Pemilihan Duta GenRe Pasbar Masuki Grand Final. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Pasaman Barat (Pasbar) telah memasuki Grand Final setelah dilakukan seleksi terhadap 90 orang peserta di Aula DPPKBP3A Pasbar.

Pada Rabu (24/5/2023), Grand Final Duta GenRe dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Pasbar Risnawanto di Aula Kantor Bupati setempat.

Ajang yang digelar setiap tahunnya itu, turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Pasbar Ny, Fitri Risnawanto dan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar serta stakeholder terkait lainnya.

Duta GenRe pada babak tersebut berjumlah sebanyak 20 orang finalis, berasal dari duta GenRe nagari sebanyak 3 orang, utusan sekolah 15 orang dan utusan kampus 2 orang. Setelah terpilih Duta Genre Pasaman Barat baik putra maupun putri maka mereka akan membawa nama baik Kabupaten Pasaman Barat ke tingkat Provinsi Sumbar.

Wakil Bupati Risnawanto dalam sambutannya mengatakan bahwa peningkatan kualitas remaja melalui pembinaan dilakukan dengan mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe) bagi remaja dan Bina Keluarga Remaja (BKR) bagi keluarga yang memiliki remaja.

Ia menjelaskan remaja saat ini sangat rentan terhadap godaan dan resiko yang diistilahkan dengan Triad KRR (Tiga Resiko Ancam Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja). Di masa sekarang permasalahan remaja sangat komplek dan mengkhawatirkan yang dapat mengurangi kesempatan remaja untuk mempraktekkan perilaku hidup sehat, serta mengganggu perencanaan kehidupan di masa yang akan datang.

“Untuk merespon permasalahan tersebut, berbagai pendekatan dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya melalui pengembangan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe dilaksanakan melalui pendekatan dua sisi yaitu pendekatan pada remaja itu sendiri dan pendekatan pada keluarga yang mempunyai remaja,” katanya.

Ia melanjutkan, sedangkan untuk pendekatan kepada keluarga dilakukan melalui pengembangan kelompok Bina keluarga Remaja (BKR). Dimana melalui BKR dapat membantu orang tua atau anggota keluarga lainnya dalam memahami cara remaja, permasalahan remaja, dan berkomunikasi dengan remaja.

“Pendekatan pada remaja dilakukan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di sekolah atau kampus dan juga dengan kegiatan yang dilakukan pada hari ini yaitu Pemilihan Duta GenRe,” ujarnya.

Makanya, lanjut Risnawanto, pemilihan Duta Genre ini dilakukan dengan harapan bahwa para Duta dapat menjadi pelopor bagi rekan sebayanya dalam perencanaan kehidupan berkeluarga. Selain itu juga diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam menyampaikan dan melaksanakan Triad KRR di lingkungan terdekatnya terutama melalui kegiatan PIK-R/M di lingkungan sekolah atau kampus masing-masing.

Sementara itu, Kepala DPPKBP3A dr. Anna Rahmadia mengatakan bahwa pada tahun ini kegiatan Pemilihan Duta GenRe berkolaborasi dengan OPD BPBD sebagai upaya meningkatkan advokasi dan kesadaran serta tanggap terhadap bencana bagi para remaja.

Pada Grand Final ini, lanjutnya peserta akan berjuang memperebutkan gelar untuk putra-putri yaitu Winner, Runner Up I dan II, Best Social Media, Best Educate, Best Entertainment dan Duta GenRe SIGAB.

(wal)

Kami Hadir di Google News