MTQSumatera Barat

Ada Lomba MTQ Tingkat Sumbar di Masjid Baiturrahim Kampung Silambau Kinali

123
×

Ada Lomba MTQ Tingkat Sumbar di Masjid Baiturrahim Kampung Silambau Kinali

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Lomba MTQ Tingkat Sumbar di Masjid Baiturrahim Kampung Silambau
Pembukaan Lomba MTQ Tingkat Sumbar di Masjid Baiturrahim Kampung Silambau, Nagari Langgam Sepakat, Kecamatan Kinali, Senin (10/4/2023) malam. (f/kominfo)

Mjnews.id – Tahun lalu pelaksanaan lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) tingkat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah sukses digelar, Alhamdulillah tahun ini kita juga dapat melaksanakan MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Besar harapan kita, masyarakat terutama generasi muda Kampung Silambau bisa mewakili MTQ Provinsi Sumatera Barat hingga ke tingkat nasional.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi stakeholder terkait saat membuka lomba MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat di Masjid Baiturrahim Kampung Silambau, Nagari Langgam Sepakat, Kecamatan Kinali, Senin (10/4/2023) malam.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Sebelumnya pada kegiatan itu, panitia acara juga menggelar lomba hafalan juz 30 tingkat Kecamatan Kinali yang mengangkat tema ‘Kuatkan niat, bulatkan tekat, untuk menjadi penghafal Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan acara berbuka bersama, shalat magrib dan isya serta tarawih berjamaah.

Bupati Hamsuardi pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara MTQ yang telah melaksanakan visi misi Pemerintah Daerah Pasaman Barat dan Program Unggulan pemerintah diantaranya Tahfiz Alquran dan Magrib Mengaji. Ia memohon do’a dan dukungan, agar program tersebut dapat berjalan dengan lancar di Pasbar.

“Tahfiz AlQuran ini kita terapkan di tingkat SD dan SMP, dengan harapan anak-anak kita dapat membaca dan menghafal 4 hingga 5 ayat dalam seminggu. Tujuannya, dalam 10 hingga 15 tahun kedepan anak-anak generasi penerus menjadi penghafal Alquran. Selanjutnya Magrib mengaji, kita harapkan agar seluruh rumah di Pasbar dapat melantunkan ayat Alquran selepas Magrib,” tangkas Hamsuardi.

Di samping itu, Niniak Mamak Kampung Silambau Dt Indo Marajo menyampaikan bahwa masyarakat Kampung Silambau telah lama bertekat mengangkat acara MTQ tingkat Sumatera Barat tersebut. Dan berkat kegigihan serta kerjasama masyarakat akhirnya acara tersebut bisa terlaksana dengan sukses.

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menyukseskan visi misi Bupati Pasaman Barat di bidang keagamaan. Kedepan kita berharap, kegiatan ini bisa tetap terlaksana dan tentunya lebih meriah dan lebih besar lagi,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Jasman mengungkapkan, MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat itu diwakili oleh Qori Qoriah terbaik dari kabupaten/kota masing-masing. Ia juga menjelaskan MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat yang pertama kali dilaksanakan di Kampung Silambau itu bertujuan menjalin silaturahmi antara Qori Qoriah se-Sumbar. Selain itu, juga untuk memotivasi lahirnya generasi muda Qori Qoriah yang berasal dari Kampung Silambau.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hamsuardi bersama Bupati Pasaman dalam hal ini di wakili oleh Asisten II, Anggota DPRD beserta kepala OPD di lingkungan Pemkab Pasbar dan tamu undangan lainnya menyerahkan sumbangan untuk membantu suksesnya acara itu.

Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT