PendidikanSumatera Barat

Dinas Pendidikan Pasbar Serahkan 35 Stel Pakaian Polisi Cilik

127
×

Dinas Pendidikan Pasbar Serahkan 35 Stel Pakaian Polisi Cilik

Sebarkan artikel ini
Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Serahkan 35 Stel Pakaian Polisi Cilik
Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Serahkan 35 Stel Pakaian Polisi Cilik. (f/kominfo)

Mjnews.id – Kegiatan Polisi Cilik (Pocil) merupakan salah satu upaya membentuk karakter anak didik sejak dini, yang meliputi pembentukan karakter kedisiplinan, kepemimpinan, karakter etika, karakter moral. Hal ini juga bertujuan agar anak didik tidak mudah terjerumus kepada sesuatu yang bersifat negatif, seperti perilaku kejahatan, pecandu narkoba dan perilaku lainnya.

Kegiatan Polisi Cilik ini adalah ekstrakurikuler yang menggunakan atribut kepolisian, yang diperankan oleh peserta didik Sekolah Dasar (SD) kelas IV sampai Kelas VI.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Agusli dalam penyerahan pakaian polisi cilik Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kepada peserta Pocil di aula Polres Pasbar, Senin (10/4/2023).

Kadis Pendidikan Agusli menyampaikan bahwa Pasaman Barat patut bangga terhadap prestasi yang diraih oleh tim Pocil binaan Polres Pasaman Barat, karena Pocil Pasbar berhasil meraih juara 1 pada lomba Pocil tingkat Sumbar yang diadakan Polda Sumbar tahun 2022.

“Dengan raihan predikat juara 1 tim Pocil Pasbar tersebut, maka mereka akan mewakili Sumatera Barat dalam lomba Pocil Nasional yang Insya Allah akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2023 ini,” jelas Agusli.

Ia mengatakan, sebagai bagian wujud apresiasi terhadap raihan prestasi Pocil Pasbar tersebut, Pemerintah Daerah Pasaman Barat melalui Dinas Pendidikan memberikan 35 stel pakaian Pocil lengkap kepada tim Pocil Pasbar.

“Pemberian pakaian Pocil ini diharapkan dapat menjadi penambah semangat latihan bagi peserta dan bisa dipakai saat lomba di tingkat nasional nanti,” ujar Agusli.

Sementara itu, Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki yang hadir menyaksikan langsung penyerahan pakaian Pocil tersebut berpesan agar peserta Pocil lebih giat lagi berlatih dalam rangka persiapan lomba tingkat nasional nantinya.

“Dengan rajin, semangat, disiplin dan rutin latihan, Insya Allah akan terbentuk Pocil berprestasi dan semoga dapat meraih prestasi yang lebih baik pada lomba tingkat nasional nantinya. Apapun cita-cita anak-anak kami, baik ingin jadi Polisi, Tentara Nasional Indonesia, Pilot, Dokter, Guru dan lainnya, tetap harus belajar dengan tekun, giat, dan disiplin dari sekarang saat pendidikan dasar,” kata AKBP Agung Basuki

Kegiatan serah terima pakaian Pocil juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Pasbar yakni Kabid SD Riswan, Kasi Peserta Didik Nofrayda, sementara dari Polres Pasaman Barat hadir juga Kasat Lantas AKP Yuliadi beserta jajaran.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT