BWS Sumatera VSumatera Barat

Pemko Padang dan BWS Sumatera V Bahas Revitalisasi Batang Arau

120
×

Pemko Padang dan BWS Sumatera V Bahas Revitalisasi Batang Arau

Sebarkan artikel ini
Pemko Padang dan BWS Sumatera V Bahas Revitalisasi Batang Arau
Pemko Padang dan BWS Sumatera V Bahas Revitalisasi Batang Arau. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id – Pemerintah Kota Padang dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V siap bersinergi melakukan beberapa program kegiatan dalam rangka merevitalisasi beberapa sungai besar yang ada di Kota Padang.

Hal itu mengemuka dalam kegiatan pertemuan antara Wali Kota Padang dan jajaran bersama Kepala BWS Sumatera V Muhammad Dian Al Makruf di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Jumat (10/2/2023).

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

“Atas nama Pemko Padang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BWS Sumatera V yang terus memberikan dukungan dalam penanganan sungai-sungai di Kota Padang. Diantaranya seperti mewujudkan Sungai Batang Arau menjadi sungai yang bersih, asri dan indah,” ucap Wali Kota.

Wako Hendri Septa pun berharap sinergi dan dukungan dari BWS Sumatera V dapat terus dilakukan ke depan. Khususnya dalam penanganan Sungai Batang Arau yang masih membutuhkan sentuhan dukungan BWS Sumatera V.

“Insya Allah kita akan menggelar festival selaju sampan di Sungai Batang Arau tepat pada momen Lebaran 1444 Hijriah bulan April nanti. Kita sangat berharap BWS Sumatera V mendukung untuk pengerukan sedimen yang saat ini terlihat di bibir sungai tersebut. Begitu pula untuk upaya lainnya,” imbuh orang nomor satu di Kota Padang tersebut.

Kepala BWS Sumatera V, Muhammad Dian Al Makruf menyebutkan pihaknya siap mendukung Pemko dalam mewujudkan Sungai Batang Arau menjadi sungai yang bersih. Selain itu juga mendukung upaya penanganan darurat di Pantai Padang dengan memperkuat lereng pantai (revetments) dengan memasangkan bolder sepanjang 500 meter di area pantai sekitaran Masjid Al Hakim.

“Hal ini guna menahan air untuk tidak masuk ke daratan ketika gelombang pasang terjadi,” tuturnya.

Tak hanya itu, sambung Kepala BWS Sumatera V tersebut, pihaknya juga akan melakukan pengerjaan pembersihan di beberapa ruas sungai di Batang Kandis.

“Untuk di Batang Kandis targetnya adalah lebih kurang sepanjang 3 km untuk mengcover sekitar 90 hektare lahan yang terdampak banjir,” ujarnya.

Selain itu, katanya, juga beberapa upaya penanganan darurat banjir di Kota Padang seperti di daerah Batu Busuk dan Bungus Teluk Kabung.

“Demikian kira-kira program kegiatan yang akan kita lakukan ke depan. Semoga berjalan dengan lancar, sehingga ketika semua pengerjaan ini selesai dapat bermanfaat sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

(prokopim)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT