Sumatera Barat

KUPS Sirantiah Nagari Koto Kaciak Sukses Budidayakan Madu Lebah Trigona

120
×

KUPS Sirantiah Nagari Koto Kaciak Sukses Budidayakan Madu Lebah Trigona

Sebarkan artikel ini
KUPS Nagari Koto Kaciak Sukses Budidaya Madu Trigona
KUPS Nagari Koto Kaciak Sukses Budidaya Madu Trigona. (f/amc)

AGAM, Mjnews.id – Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Sirantiah, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Agam sukses budidayakan madu Lebah Trigona.

KUPS Nagari Koto Kaciak kini produksi 2 liter madu Lebah Trigona pada panen perdana, beberapa waktu lalu.

Ketua KUPS Sirantiah Nagari Koto Kaciak, Maulana Ihsan mengatakan, 2 liter madu murni ini dihasilkan dari 23 stup (kotak) Lebah Trigona.

“Sabtu lalu kami sudah bisa melakukan perdana 23 stup Lebah Trigona atau Galo-Galo. Hasil panen baru dua liter,” sebutnya, Kamis (19/1/2023).

Budidaya madu murni ini merupakan salah satu unit usaha KUPS yang bernaung di bawah Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Koto Kaciak.

Ia menjelaskan, program budidaya Lebah Trigona ini sudah berjalan sejak Oktober 2022 lalu.

“Pembudidayaan ini berawal dari diterimanya pemberian bantuan sebanyak 25 stup Lebah Galo-Galo dari UPTD KPHL Agam Raya,” katanya.

Ia mengungkapkan, dengan hasil panen perdana tersebut sekaligus membuktikan bahwa di kawasan tersebut cocok menjadi tempat pembudidayaan Lebah Trigona.

Pihaknya juga diuntungkan dengan kawasan hutan setempat yang memiliki banyak potensi tanaman sebagai sumber makanan bagi lebah madu Galo-Galo.

“Kami berharap hasil ini terus berkembang sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Melihat prospek pembudidayaan Lebah Trigona ini, pihaknya berharap adanya bantuan penambahan stup lebah. Hal ini bertujuan agar maksimalnya hasil panen madu.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak terutama KPHL Agam Raya yang sudah melakukan pembinaan dan pendampingan sejak beberapa waktu lalu, semoga k depan hasilnya lebih maksimal,” katanya.

(amc/jef)

Kami Hadir di Google News