Sumatera Barat

Bupati Tanah Datar Hadiri Alek Kapalo Banda Jorong Koto di Tanjung Bonai

109
×

Bupati Tanah Datar Hadiri Alek Kapalo Banda Jorong Koto di Tanjung Bonai

Sebarkan artikel ini
Bupati Tanah Datar, Eka Putra beri sambutan dalam Alek Kapalo Banda Jorong Koto di Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara
Bupati Tanah Datar, Eka Putra beri sambutan dalam Alek Kapalo Banda Jorong Koto di Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara. (f/prokopim)

Lintau Buo Utara, Mjnews.id – Hujan cukup lebat tidak surutkan semangat masyarakat Jorong Koto, Nagari Tanjung Bonai, mengikuti rangkaian Alek Kapalo Banda Jorong Koto, Jum’at (20/1/2023) di area persawahan setempat.

Alek Kapalo Banda merupakan salah satu tradisi masyarakat yang patut dipertahankan dan bisa dilaksanakan di tahun selanjutnya.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Bupati Tanah Datar, Eka Putra yang hadir dalam cara itu mengatakan, dalam kegiatan alek ini, disamping menjadi salah satu wadah untuk mengungkapkan syukur, juga menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat, bahkan juga menjadi ajang untuk menyampaikan perkembangan pembangunan daerah.

Seperti hari ini, tambah Eka, ia dapat menyampaikan secara langsung bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar memiliki 10 Program Unggulan (Progul) yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat.

“Progul Bajak Gratis untuk meringankan biaya operasional petani dalam bertani. Kemudian asuransi padi dan ternak sekiranya padi gagal panen ataupun sapi mati. Semua gratis, karena itu Saya himbau tidak hanya masyarakat di sini, namun di Tanah Datar untuk memanfaatkan secara maksimal Progul ini,” sampainya.

Tentunya, tambah Eka lagi, ia butuh dukungan seluruh masyarakat, instansi terkait, serta do’anya agar selalu diberi kesehatan dalam menjalankan amanah memimpin Tanah Datar.

“Dukungan DPRD, dinas terkait serta masyarakat sangat dibutuhkan. Karena tanpa sinergi dan kerjasama semua pihak, tentunya berbagai Progul Daerah tidak bisa terlaksana dengan baik dan maksimal. Karena itu mohon dukungan dan do’a kita semua,” tukas Eka.

Sebelumnya perwakilan Kelompok Tani Pincuran Randah Hendrizal, menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati bersama rombongan.

“Terima kasih pak Bupati bersama rombongan atas kehadirannya, kedatangan Bapak menjadi kebahagiaan bagi kami masyarakat di Jorong Koto, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara ini,” sampainya.

Seiring kedatangan pak Bupati, tambah Hendrizal, tentu tidak salah juga ia memohon Pemerintah Daerah melalui pak Bupati untuk membangun jalan usaha tani.

“Masyarakat di Jorong ini 80% adalah petani pak, dan ada 3 Kelompok Tani. Dan dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mohon bantuan jalan usaha tani agar distribusi hasil panen ataupun pupuk lebih lancar,” sampainya.

Sementara itu Pj. Wali Nagari Tanjung Bonai Bendrizal menyampaikan kedatangan pak Bupati menjadi kejutan bagi masyarakat Jorong Koto.

“Alhamdulillah, kehadiran pak Bupati menjadi kejutan bagi masyarakat kami di sini, terima kasih pak memenuhi undangan kami,” sampainya.

Hal serupa disampaikan anggota DPRD Arianto yang juga merupakan putra Nagari Tanjung Bonai, ia menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kesediaan pak Bupati untuk hadir.

“Alhamdulillah, pak Bupati hadir di Alek Kapalo Banda yang sudah 5 tahun vakum. Semoga ini menjadi motivasi agar kegiatan ini bisa tetap bertahan. Dan juga mendoakan agar disini air banyak dan lancar sehingga pertanian juga berjalan baik,” sampainya.

(prokopim)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT