ReligiSumatera Barat

BAZNas Kota Padang Panjang Gelar Khitanan Massal

71
×

BAZNas Kota Padang Panjang Gelar Khitanan Massal

Sebarkan artikel ini
sunatan massal

MJNews.id – Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang menggelar sunatan massal bagi masyarakat miskin.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian BAZ Padang Panjang kepada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu,” kata Ketua BAZ Padang Panjang Syamsuarni, menjawab MJNews di sela-sela kegiatan, Senin 26 April 2021.

Sunatan massal tersebut diikuti sebanyak 150 anak dan dengan tenaga dari DKK dan Dr. Mawardi orang kegiatan ini dilakukan sebagai ujud kepedulian BAZ terhadap keluarga kurang mampu.

 

Sunatan massal ini, di samping untuk menunjang program Pemerintah Kota Padang Panjang dalam membantu masyarakat. “Sudah seharusnya BAZ menunjang program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat khususnya yang kurang mampu” lanjut, Syamsuarni.

 

Dalam menggelar sunatan massal itu, BAZ bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Padang Panjang dan instansi lainnya.

“Untuk teknisnya, BAZ bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja serta instansi terkait lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Syamsuarni menerangkan, sunatan massal figelar pada bulan Ramadan ini, merupakan kegiatan rutin, saban tahun digelar. Jika, pada tahun-tahun sebelumnya sunatan massal digelar di Gedung M. Syafei. Namun, pada tahun ini sengaja kita gelar secara tertutup dangan tidak melibatkan banyak orang. Hal tersebut dilakukan karena kondisi daerah yang belum sepenuhnya kondusif dari virus Corona.

Untuk menjaga kekawatiran itu, sengaja BAZ menyelenggarakan khitanan massal menggunakan tempat praktek bapak Dr. Mawardi. Meski demikian, BAZNas tetap memberlakukan secara ketat prokes bagi peserta sunatan massal, maupun orang tua yang mendampingi dianjurkan memakai masker, mencuci tangan, guna menghindari berkembangnya covid 19 sebelum dan sesudah sunatan massal digelar.

Sementara itu, Jasriman salah seorang pengurus BAZNas kota Padang Panjang menambahkan, usai pelaksanaan sunatan selesai, masing-masing peserta akan diberikan uang transpor sebesar Rp.100.000, tas sekolah dan kain sarung serta baju koko.

Lebih jauh Jasriman mengatakan, untuk mengatasi kerumunan orang, Baz Nas mensiasati dengan membatasi peserta sunantan masal setiap hari. “Target kita, dalam satu minggu kedepan sudah rampung oelaksanaan sunatan massal. 150 dari target yang ada rampung dilakukan hingga tanggal 30 bulan ini,” terang Jasriman.

Yusrizal, salah seorang orang tua anak, sangat mengapresiasi apa yang diselenggarakan pihak BAZ Padang Panjang untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Sudah saatnya masyarakat kurang mampu mendapatkan santunan pada bulan Ramadhan ini, sehingga mereka juga merasa bahagia pada Ramadhan tahun ini. Artinya, dengan digelarnya sunatan massal sangat membantu sekali orang tua dalam hal pembiayaan. Apalagi, bulan puasa pengeluaran yang tinggi. Tentu, sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat,” ujarnya.

(mutia)

Kami Hadir di Google News