EkonomiPT Semen PadangSumatera Barat

PT Semen Padang, Pelumas Perekonomian Sumatera Barat

118
×

PT Semen Padang, Pelumas Perekonomian Sumatera Barat

Sebarkan artikel ini
Proyek normalisasi intake Baringin yang dibantu PT Semen Padang
Proyek normalisasi intake Baringin yang dibantu PT Semen Padang guna memenuhi kebutuhan pengairan lebih 120 hektare lahan pertanian dan kolam ikan masyarakat kawasan Baringin dan Tarantang, Kota Padang. (ist)

PADANG, MJNews.ID – Keberadaan PT Semen Padang mempengaruhi perekonomian Sumatera Barat, Kota Padang khususnya. Baik secara langsung maupun tidak langsung PT Semen Padang menjadi salah satu penggerak perekonomian di Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi PT Semen Padang yang selama ini sudah menunjukkan kotmitmennya memajukan ekonomi masyarakat Sumbar, khususnya Padang. Bahkan menurutnya, perputaran roda ekonomi Padang saat ini, salah satunya juga dari peranan PT Semen Padang.

”Tidak hanya melalui penyerapan tenaga kerja, perputaran roda ekonomi di daerah juga tidak terlepas dari dukungan alokasi dana CSR PT Semen Padang melalui berbagai program,” kata Mahyeldi Ansharullah.

Disebutkannya, kontribusi PT Semen Padang dalam mendukung pelaku UMKM melalui pembinaan yang diberikan telah membuat banyak pelaku UMKM sukses, mandiri, dan secara tidak langsung juga menyerap banyak tenaga kerja.

Kemudian program lainnya, berupa bantuan fisik untuk berbagai insfrastruktur, juga mampu menopang pembangunan, khususnya Kota Padang. “Terakhir, Semen Padang telah membantu menormalisasikan intake Baringin,” ujar Mahyeldi.

Selain itu, program lainnya berupa pemberdayaan masyarakat melalui program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) oleh CSR Semen Padang melalui Forum Nagari di lingkungan perusahaan, juga dinilai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan.

Tentunya, sebut Mahyeldi, berbagai program tersebut kini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatera Barat, tidak terlepas dari perkembangan PT Semen Padang yang bangkit kembali sejak Gubernur Sumbar dijabat oleh Harun Zein.

Dengan kontribusi nyata tersebut, Mahyeldi berharap masyarakat Sumbar untuk tetap menjaga eksistensi PT Semen Padang. PT Semen Padang merupakan perusahaan kebanggaan masyarakat Ranah Minang.

”Di Semen Padang ini banyak terdapat putra-putri terbaik Sumbar dan mereka lulusan Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Sebagai Gubernur, tentunya saya bangga dengan Semen Padang. Semoga di tangan-tangan orang hebat itu, Semen Padang semakin maju dan berkembang,” bebernya.

”Jika Semen Padang maju dan semakin berkembang, tentu kontribusinya dalam memajukan ekonomi masyarakat juga semakin besar pula. Begitu juga sebaliknya. Jadi, mari bersama-sama kita jaga keberadaan Semen Padang ini,” imbuhnya.

Ke depan diharapkan PT. Semen Padang bisa bersinergis dengan Pemprov Sumbar dalam mewujudkan visi misi pemerintahan Sumatera Barat Madani yang Unggul berkelanjutan Bang.

Di lain pihak, Walikota Padang Hendri Septa, mengaku bangga karena di Kota Padang ada PT Semen Padang yang merupakan perusahaan besar di Sumatera Barat yang telah banyak berkontribusi untuk kemajuan daerah.

”Saya bangga, karena di Padang ada industri besar, yaitu PT Semen Padang,” katanya.

Untuk itu, sebagai Walikota Padang, Hendri Septa mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang yang telah memberikan dukungan kepada Pemko Padang untuk mendukung program pemerintah. Baik dalam meningkatkan perekonomian, termasuk menyukseskan program vaksinasi.

PT Semen Padang adalah ‘pelumas’ perekonomian Kota Padang. Ketika operasional PT Semen Padang lancar, maka perekonomian Kota Padang juga lancar. Karena keberadaan PT Semen Padang mempengaruhi banyak sektor perekonomian. Mulai dari serapan tenaga kerja, transportasi, pendapatan daerah dari pajak, termasuk program CSR.

Terbaru, kontribusi PT Semen Padang konsisten untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padang. Diketahui, berbagai program telah dilakukan PT Semen Padang dalam kontribusinya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumbar.

(rls) 

Kami Hadir di Google News