HukumSumatera Barat

Tingkatkan Standar Mutu Notaris, INI Sumbar Perkuat Kerja Sama dengan FHUA Unand

79
×

Tingkatkan Standar Mutu Notaris, INI Sumbar Perkuat Kerja Sama dengan FHUA Unand

Sebarkan artikel ini
INI Sumbar Perkuat Kerjasam

MJNews.id – Pengurus Wilayah (Pengwil) Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sumbar kembali menggelar kegiatan bersama Fakultas Hukum Universitas Andalas (FHUA), Sabtu (16/1/2021). Kegiatan itu diisi dengan diskusi terbatas terkait pengembangan Program Studi Magister Kenotariatan.

Bagi Pengwil INI Sumbar kegiatan kali ini seolah ‘bertamasya’ ke kampus ‘merah’. Kampus merah adalah istilah bagi alumni FHUA untuk kampus di Jalan Pancasila.

Diskusi tersebut bertajuk, “Korelasi Materi Magang Bersama Dalam Konsep Hukum Kenotariatan”. Diskusi terbatas ini bermaksud untuk menghasilkan modul maber yang terkolerasi dengan kurikulum magister kenotariatan, sehingga menghasilkan calon notaris yang berwawasan luas dan berilmu.

“Kita seakan bertamasya ke Kampus Merah, tapi pada intinya membicarakan banyak terkait kerjasama Pengwil INI dengan FHUA yang selama ini sudah terjalin dengan baik,” sebut Ketua Pengwil INI Sumbar, Muhammad Ishaq.

Dikatakannya, Diskusi itu juga dilatarbelakangi oleh kerjasama Pengwil INI Sumbar dengan FHUA yang sudah dituangkan dalam nota kesepahaman. Diskusi juga terkait perlaksanaan Magang Bersama (Maber) bagi calon notaris. Selain itu peningkatan kualitas lulusan Magister Kenotariatan.

Khusus maber ini dilaksanakan oleh pengurus wilayah masing-masing dari Ikatan Notaris Indonesia. Pengwil INI Sumbar telah mengadakan maber bagi calon notaris sebanyak 3 (kali) yang selama ini berkerjasama dengan FHUA.

“Guna peningkatan standar mutu para calon notaris maka kita dengan FHUA mencoba merumuskan kurikulum pada maber yang terstandarlisasi dengan modul maber dari Pengurus Pusat INI,” katanya.

Selain diskusi terbatas yang tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) , kunjungan pengurus Pengwil INI Sumbar ke ‘Kampus Merah’ termasuk dalam rangkaian Lustrum ke XIV FHUA. Pengwil INI Sumbar khususnya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Untuk itu, dalam mensukseskan Lustrum Fakultas Hukum Unand ke XIV tersebut, Pengwil INI Sumbar juga akan berkontribusi dalam gerakan 7.000 ribu buku. Kegiatan ini adalah gerakan yang digagar panitia Lustrum FHUA.

“Kita dari INI akan berkontribusi dengan Lustrum FHUA yang ke XIV itu, termasuk gerakan 7.000 buku,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Hukum Unand, Prof. Dr. Busyra Azheri, Wakil Dekan II FHUA Dr. Rembrandt yang sekaligus Ketua Lustrum ke XIV FHUA dan Wakil Dekan III FHUA Lerri Pattra, SH., MH. Dari Pengwil INI Sumbar hadir, Notaris Muhammad Ishaq dan pengurus lainnya.

(yse/eds)

Kami Hadir di Google News