EkonomiSumatera Barat

Renstra Dishut Sumbar Prioritaskan Pemanfaatan Sumber Daya Hutan Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

88
×

Renstra Dishut Sumbar Prioritaskan Pemanfaatan Sumber Daya Hutan Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Ferdinal Asmin
Ferdinal Asmin.

MJNews.id – Rencana Strategis (Renstra) Pembangunan Prioritas Program Dinas Kehutanan (Dishut) Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021 menyasar ke beberapa pilar progres penting, yang pada intinya, guna meningkatkan perekonomian masyarakat yang domisili di pesisir pinggir hutan.

Kemudian, menyelamatkan hutan dari perbuatan para pelaku usaha yang mengambil keuntungan sepihak, dan menekan para pelaku perambah hutan menjadi nol pengrusakan hutan dari pembalakan liar, serta terciptanya normalisasi hutan nan hijau seperti sediakala.

Ungkapan penegasan ini dikemukakan Sekdin Kehutanan Sumbar, Dr. Ferdinal Asmin, STP, MP, saat dijumpai di sela-sela kesibukannya, Jumat (22/1/2021).

Lanjutnya, guna meningkatkan pemanfaatan sumber daya hutan, menekan laju kerusakan hutan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat ikut serta dalam pengawasan hutan dengan optimalisasi pemanfaatan sumber daya hutan guna menggenjot perekonomian masyarakat yang tinggal di pinggir hutan dengan dapat mengambil hasil hutan yang non kayu.

Menekan laju kerusakan hutan niaga dalam rangka mengkonservasi kawasan hutan. Melindungi dan mengkonservasi kawasan hutan niaga dalam rangka merehabilitasi hutan niaga.

“Juga mendorong partisipasi masyarakat dalam rangka pengawasan hutan yang disandingkan dengan program atau pun yang arahnya melekat pada progres perhutanan sosial,” pungkasnya.

(Obral Caniago)

Kami Hadir di Google News