EkonomiSumatera Barat

Ekspor Manggis Sumbar Meningkat Tajam

70
×

Ekspor Manggis Sumbar Meningkat Tajam

Sebarkan artikel ini
Ekspor Manggis Meningkat Tajam
Persiapan ekspor manggis pada salah satu perusahaan yang nantinya dikirim ke Negara tujuan. (rian)

MJNews.id – Geliat ekspor manggis Sumatera Barat meningkat tajam saat ini. Tak tanggung-tanggung eksportir menyiapkan transporasi sendiri dengan menyewa pesawat cargo langsung ke negara tujuan ekspor saat ini. 

Sebagai dukungan, Pejabat Karantina Pertanian Padang kembali memeriksa komoditas manggis yang akan diekspor ke Cina sebanyak 28.875 kg dengan nilai Rp1,73 miliar. 

Kepala Karantina Pertanian Padang, Iswan Haryanto menjelaskan, mulai awal tahun sampai 31 Januari 2021, Karantina Pertanian Padang sudah mensertifikasi ekspor manggis dengan volume sebanyak 547.944,5 kg dengan nilai Rp32,88 miliar.

“Peningkatan jumlah ekspor ini menjadi bukti gerakan tiga ekspor di Sumbar dapat tercapai bahkan melebihi target yang sudah ditetapkan. Adanya peningkatan ekspor manggis dapat menjadi motivasi bagi petani dan pelaku usaha pertanian, sehingga kesejahteraan dan pergerakan ekonomi di Sumbar meningkat,” kata Iswan Haryanto, Rabu (3/2/2021).

Dibandingkan awal tahun lalu, Januari 2020, terjadi peningkatan ekspor buah manggis 45,7 persen di Januari 2021. 

Di awal 2020 berdasarkan data IQFAST sertifikasi ekspor manggis yang sudah dilakukan Karantina Pertanian Padang sebesar 376.137 kg dengan nilai Rp16,9 miliar.

(de/eds)

Kami Hadir di Google News