Sumatera Barat

Aksi Nyata KSP IBI Kabupaten Pasaman dengan “Koperasi Berbagi”

89
×

Aksi Nyata KSP IBI Kabupaten Pasaman dengan “Koperasi Berbagi”

Sebarkan artikel ini
Koperasi IBI Pasaman Berbagi

mjnews.id – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ikatan Bidan Indonesia dan Pengurus IBI Cabang Pasaman memberikan Alat Pelindung Diri (APD) dan susu ke seluruh puskesmas se-Kabupaten Pasaman bersama anggota lakukan aksi nyata membagi-bagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker kepada masyarakat di wilayah kerjanya, hari ini di Puskesmas Lubuk Sikaping, Kamis (23/04/2020).

Aksi nyata Koperasi IBI ini dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama anggota koperasi melalui dana sosial yang telah dituangkan dalam AD/ART organisasi Koperasi IBI itu.

Pembagian APD kepada masyarakat dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman, Jonneri Masli, SKM, MPH yang di damping oleh pegawai dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman.

Ketua Koperasi IBI mengatakan, pengadaan APD yang dibagikan ini adalah merupakan keputusan bersama dalam organisasi Koperasi IBI, dimana dalam organisasi itu telah dianggarkan untuk kegiatan-kegiatan sosial serupa bencana alam ataupun musibah seperti pandemi wabah virus Corona (Covid-19) ini.

“Sekaligus kegiatan ini menyambut baik surat yang diturunkan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman Nomor: 518/338/Kop.UKM/IV/2020 Perihal Koperasi Berbagi pada tanggal 20 April 2020 yang ditujukan kepada Pengurus Koperasi Se-Kabupaten Pasaman,” ujarnya.

Adapun isi dari surat Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman itu, lanjut dia, adalah sehubungan dengan mewabahnya Virus Covid-19 saat ini, untuk itu diminta kepada Gerakan Koperasi Berbagi di Kabupaten Pasaman agar bisa menyalurkan bantuannya kepada anggota maupun masyarakat yang berdampak Covid-19 dalam bentuk kegiatan “Koperasi Berbagi.

Adapun bentuk penyaluran dalam kegiatan “Koperasi Berbagi” dapat dilakukan berupa; Pembagian paket sembako kepada anggota dan masyarakat sekitar. Penyemprotan disinfektan di masjid, mushalla, sekolah dan lingkungan. Pembagian masker dan hand sanitizer kepada anggota dan masyarakat sekitar.

Pembagian sembako kepada tukang ojek, tukang becak motor (Betor), lansia kurang mampu dan masyarakat miskin terdampak Covid-19. Pembagian baju Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga kesehatan setempat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman, Jonneri Masli, SKM, MPH, mengatakan, sangat mengapresiasi aksi dan tindakan nyata yang telah dilakukan oleh Koperasi IBI dan KPRI itu, begitu surat diturunkan oleh Dinas Koperasi dan UKM langsung disambut baik dan diaplikasikan dengan aksi nyatanya hari ini.

“Di Kabupaten Pasaman ini ada 58 koperasi yang aktif, sangat diharapkan kesemuanya dapat melakukan aksi-aksi nyata “koperasi berbagi” ini di wilayah kerja masing-masing melalui dana sosial masing-masing koperasi,” tutupnya. (*/hms)

Kami Hadir di Google News