ReligiSumatera Barat

Pemko Solok Gelar MTQ Virtual antar Kelurahan

67
×

Pemko Solok Gelar MTQ Virtual antar Kelurahan

Sebarkan artikel ini
virtual
Walikota Solok, H. Zul Elfian membuka MTQ secara virtual melalui video conference, Rabu (13/5/2020). (ist)

mjnews.id – Walikota Solok, H. Zul Elfian membuka penyelenggaraan Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Solok antar kelurahan secara virtual, Rabu (13/5/2020) malam melalui video conference bertempat di ruang rapat walikota.

Dalam arahannya, Walikota mengatakan, dalam kondisi pandemi saat ini mengharuskan semua warga untuk menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19. Pelaksanaan MTQ secara virtual ini pun harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Melalui kegiatan ini kita berharap iman dan taqwa kita semakin bertambah sehingga Allah SWT dapat melindungi kita dari semua marabahaya,” ujarnya.

Dijelaskan, MTQ ini juga sebuah sarana bagi pemerintah daerah dalam menjaring qori dan qori’ah terbaik. Bahkan melihat potensi-potensi yang ada di masing-masing kelurahan.

“Selamat bertanding bagi seluruh peserta. Tampilkan kemampuan secara maksimal, dan untuk para dewan hakim diharapkan dapat menilai secara objektif.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini daerah kita selalu diberkahi oleh Allah SWT,”harapnya didampingi Wawako, Reinier.

Katanya, alhamdulillah tidak menyurutkan semangat pemko menyelenggarakan MTQ antar kelurahan se-Kota Solok tahun ini. Ini sekaligus dalam rangka peringatan Nuzul Qur’an 1441 H.

Ketua Pelaksana Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Solok, Heppy Dermawan, melaporkan, untuk tahun ini Kota Solok cuma menyelenggarakan satu cabang lomba, yakni cabang tilawah. Setiap kelurahan mengutus satu qori dan qori’ah dengan total peserta 26 orang. Terkait kegiatan ini Pemko Solok menyediakan hadiah bagi para pemenang dengan total Rp10 juta.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Eri Iswandi mengapresiasi pemko yang telah melaksanakan kegiatan keagamaan tersebut.

“Alhamdulillah, MTQ tahun ini terlaksana walaupun keadaannya kurang memadai. Ini bukti bahwa semangat kita dalam membaca Al-qur’an selalu ada,” tuturnya.

Senada, Wawako Reinier, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Solok juga ikut mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang terkait atas kerjasamanya.

“Kita tidak melewatkan untuk selalu melakukan syiar Islam melalui MTQ ini. Semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi daerah kita,” harapnya.

MTQ diselenggarakan pada 13-14 Mei 2020. (*/yas)

Kami Hadir di Google News