ParlemenSumatera Barat

Poktan Sari Dewi Limo Koto Bonjol Terima Alsintan dari DTPHP Sumbar

74
×

Poktan Sari Dewi Limo Koto Bonjol Terima Alsintan dari DTPHP Sumbar

Sebarkan artikel ini
Poktan Sari Dewi Limo Koto Bonjol Terima Alsintan dari DTPHP Sumbar
Bantuan alat mesin pertanian dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat. (ist)

mjnews.id – Dalam usaha mempercepat pengolahan lahan dan peningkatan hasil produksi tani, Kelompok Tani (Poktan) Sari Dewi Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang merupakan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat.
Acara penyerahan alat mesin pertanian ini berlangsung di Aula Kantor Wali Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, Pasaman, Selasa (9/6/2020).
Bantuan alsintan ini, berupa dua unit hand traktor dan lima unit handspray (alat penyemprot hama).
Penyerahan Alsitan ini turut di hadiri oleh Anggota DPR RI, Nevi Zuairina, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar Ir. Syafrizal yang diwakili Kabid Sarana Prasarana Indra, anggota DPRD Pasaman Farizal, Kadis Pertanian Pasaman, Camat Bonjol, Wali Nagari Limo Koto, serta niniak mamak, perangkat Nagari Limo koto dan anggota kelompok tani Sari Dewi.
Ketua Poktan Sari Dewi Limo Koto, Samsul mengucapkan terima kasih kepada DTPHP Sumbar dan Nevi Zuairina yang telah memberikan bantuan alsintan kepada poktannya.
“Alhamdulillah, terima kasih telah diberi kepercayaan dari Bu Hj. Nevi Zuairiana dan DTPHP Sumbar untuk mendapatkan bantuan alat mesin pertanian, tentu kami akan mempergunakan dengan sebaiknya,” ujar Samsul.
PJ. Wali Nagari Limo Koto Bonjol, Erna Adriati yang diwakili oleh Sekna, Ilham mengharapkan, agar bantuan hand traktor tersebut dapat membantu para kelompok tani dalam mengolah tanah pertanian dan mampu meningkatkan produktifitas pertanian terutama di Nagari Limo Koto Bonjol.
“Atas nama pemnag, kami menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada DTPHP Sumbar atas bantuan alsintan ini. Semoga dapat meningkatkan hasil pertanian poktan Sari Dewi Limo Koto maupun masyarakat nagari pada umumnya,” ujar Ilham.
Camat Bonjol, Afnita yang diwakili Eldi Novasta juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan atas bantuan alsintan.
“Pada umumnya di Kecamatan Bonjol masyarakatnya adalah petani, maka daripada itu diharapkan bantuan ini bukanlah yang terakhir,” harap Eldi Novasta.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, yang diwakili oleh Roholi Latif, harapkan poktan Sari Dewi Limo Koto Bonjol yang menerima alsintan dapat mempergunakan dan memaksimalkannya, sehingga berdampak pada peningkatan hasil tani.
“Semoga bantuan ini memberikan kemudahan bagi kelompok tani Sari Dewi dan meningkatkan produktifitas hasil tani,” ujar Latif.
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikutura dan Perkebunan Provinsi Sumbar, Ir. Syafrizal yang diwakili Kabid sarana prasarana, Indra mengungkapkan, bahwa bantuan alat mesin pertanian ini merupakan usulan dari Hj. Nevi Zuairina agar diserahkan kepada poktan Sari Dewi Limo Koto Bonjol.
“Pengelolaan pertanian dengan alsintan dapat menekan ongkos produksi sehingga tingkatkan pendapatan petani. Poktan kita harapkan dapat merawat dan memelihara alsintan ini, sehingga penggunaannya dapat dimaksimalkan,” ungkap Indra.
Anggota DPR RI Dapil Sumbar II, Nevi Zuarinia, mengharapkan para petani di Bonjol dan Pasaman pada umumnya, agar lebih giat bekerja dan memaksimalkan segala potensi yang ada.
“Para petani dan poktan perlu kita ayomi bersama dan akomodir segala kebutuhannya, sehingga dapat menambah meningkatkan hasil pertaniannya dan berdampak pada bertambahnya pendapatan masyarakat para petani,” ujar Nevi Zuairina. (*/amr)

Kami Hadir di Google News