EkonomiSumatera Barat

Gubernur Bersama Kapolda Sumbar Panen Raya Sawah di Sungai Pisang

92
×

Gubernur Bersama Kapolda Sumbar Panen Raya Sawah di Sungai Pisang

Sebarkan artikel ini
panen di sungai pisang
Kapolda Sumbar, Irjen Toni Hermanto bersama Gubenur Irwan Prayitno dan Kaporesta Padang, Kombes Yulmar Try Himawan melakukan panen raya sawah. (rahmat)
mjnews.id – Kapolda Sumbar, Irjen Toni Hermanto bersama Gubenur Irwan Prayitno dan Kaporesta Padang, Kombes Yulmar Try Himawan melakukan panen raya pada tiga hektare sawah siap panen.
Panen raya itu dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan nusantara khususnya di Padang. Panen raya berlokasi di Sungai Pisang, Kelurahan Telukkabung Selatan, Kamis (9/7/2020).
“Selaku Kapolda Sumatera Barat, saya mengucapkan terima kasih kepada para petani di Padang ini, karena persedian panggan terus meningkat,” ungkapnya.
Selain itu, kawasan Padang sebagian besar masyarakatnya adalah pekerja petani. Jadi menjadi hal yang wajar jika kota selalu mempunyai cadangan beras yang berlebih. Saat ini Presiden selalu mengaungkan ketahanan pangan selama pandemi covid-19. Pandemi ini memang berdampak kepada ekonomi masyarakat yang Maret hingga Mei sangat berpengaruh.
Toni juga mengatakan pertanian menjadi salah satu prioritas dalam membangun Sumbar. Apalagi Sumbar setiap tahunnya selalu memiliki cadangan beras berlebih untuk kebutuhan warga.
Namun walaupun digenjot dalam mendukung ketahanan pangan, Kapolda mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan wajib memakai masker dan jaga jarak. Selain itu kurangi transmisi lokal dan import dari luar, agar tidak adanya penyebaran Covid-19.
“Kami dari Kepolisian dan TNI siap untuk mengawasi pangan di Sumbar ini, “ungkapnya. 
Padi yang merupakan tanaman sumber pangan utama rakyat Indonesia mutlak harus tersedia dan tidak boleh langka. Bahkan Kementerian Pertanian terus menggenjot produksi padi agar tercipta rasa aman di masyarakat.
“Saya memberikan apresiasi pada Kapolda Sumbar beserta jajarannya termasuk Kapolresta Padang sangat peduli terhadap pangan. Patut kita apresiasi, ini sangat luar biasa. kepolisian ikut peduli pangan, karena kebutuhan pangan terus meningkat tiap hari. Apalagi Sumbar daerah agraris yang 52 persen berasal dari pertanian,” ucap Irwan.
Irwan Prayitno juga menekankan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan Sumbar, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus pengembangan perekonomian daerah.
“Uang yang beredar di Sumbar berasal dari pertanian, lahan pertanian kita sangat luas. Saya bangga dalam suasana pandemi Covid ini, masyarakat masih produktif,” ujarnya bangga.
Hal itu disebabkan adanya dukungan air irigasi, bantuan benih, pupuk bersubsidi dan alat mesin pertanian dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sendiri.
“Semoga hasil panen ini kian menambah motivasi bagi petani untuk lebih meningkatkan baik produksi dan produktivitas pada musim tanam berikutnya,” jelas Irwan Prayitno.
Selain itu, gubenur mengingatkan pada masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Semoga masyarakat Minangkabau ini tidak terkena wabah virus corona.
“Ini tanggungjawab kita bersama mengendalikan Covid-19. Kita tidak mungkin membuat Sumbar bebas Covid-19 selama obat belum ditemukan dan upaya bersama ini diharapkan terus berlanjut,” jelasnya. 
Menurut dia yang paling penting adalah dapat mengendalikan pandemi dengan menjaga wilayah dengan meminimalkan transmisi lokal dan import dari luar, agar tidak melonjak tajam, banyak warga meninggal dan tidak tertampung pelayanan kesehatan.
“Kita berharap Polri dan TNI terus berperan dalam mendisiplinkan masyarakat mengedepankan protokol kesehatan. Silahkan tegur masyarakat yang tidak disiplin, semuanya demi kebaikan kita semua,” tutupnya.
Yulmar Try Himawan mengatakan, ia beserta para Kapolsek di wilayah hukum Polresta Padang siap mengawal ketahanan Pangan, terutama pupuk yang diperlukan oleh petani. 
“Di Padang ini dalam catatan kita, kesedian pangan masih mencukupi, dan hari ini sekitar tiga hektare lahan sawah siap panen yang panen perdananya dilakukan oleh Pak Kapolda dan Forkompinda Sumbar,” ujarnya. 

(*/eds)

Kami Hadir di Google News