PLNSumatera Barat

Menjajal Pembangkit Renewable Terbesar di Sumbar, PLN Gowes Tour de PLTA Singkarak

82
×

Menjajal Pembangkit Renewable Terbesar di Sumbar, PLN Gowes Tour de PLTA Singkarak

Sebarkan artikel ini
Menjajal Pembangkit Renewable Terbesar di Sumbar, PLN Gowes Tour de PLTA Singkarak
Rombongan Gowes PLN Sumbar usai menjajal track PLTA Singkarak. (ist)

mjnews.id
– Komunitas gowes PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggelar gowes Tour De PLTA Singkarak dengan berkeliling PLTA Singkarak pada Sabtu (11/07/2020).
Rombongan yang terdiri dari General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, Senior Manager Distribusi Arif Pramudya, Senior Manager Keuangan Zufar, Senior Manager Perencanaan Agus Prasetyo, Manager UP3 Padang Jefrii Husni, serta puluhan pegawai PLN Sumbar memulai perjalanan dari Halaman Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Lubuk Alung pada pukul 09:00 WIB.
Dalam kesempatan tersebut Bambang Dwiyanto menjelaskan komunitas gowes atau bersepeda harus terus aktif karena selain sebagai olahraga yang menyehatkan, gowes juga membangun kerekatan dan kebersamaan antar pegawai.
Bahkan dalam gowes kali ini menjadi lebih special karena berlangsung mengelilingi PLTA Singkarak sembari melakukan kegiatan care for asset (C4A) untuk memantau kondisi jaringan disekitar lokasi, pun juga mengingatkan kembali peran PLTA Singkarak sebagai pembangkit terbarukan (renewable) terbesar yang mensuplai kebutuhan listrik di Sumbar.
“Perjalanan gowes kali ini sangat seru, selain membangun sinergi dan kekompakan sesama pegawai, gowes ini juga mengajak kami untuk melihat lagi sejarah PLTA Singkarak, pembangkit listrik ketiga setelah PLTA Batang Agam dan PLTA Maninjau yang memiliki lorong air bawah tanah bagi Sumbar, yang sangat berperan karena menjadi pembangkit renewable terbesar yang menyuplai kebutuhan listrik masyarakat Sumbar,” tutur Bambang.
Selain itu Bambang dan rekan-rekan PLN lain juga memantau kondisi jaringan listrik milik PLN selama perjalanan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan muncul gangguan listrik.
Danau singkarak tidak hanya memiliki pemandangan yang memikat, namun juga menjadi sumber energi untuk pembangkit listrik tenaga air yang mampu menyokong kebutuhan listrik masyarakat dengan kapasitas sebesar 175 MW.
Selang dua puluh delapan tahun usia PLTA Singkarak yang dibangun pada 1992, PLTA ini terus meningkatkan performanya, salah satunya dengan terowongan panjang yang menembus Gunung Merapi sebagai upaya untuk menjadikan air danau Singkarak berfungsi optimal untuk memutar turbin PLTA dan kemudian mengalirkannya ke Samudra Hindia. 

(rel) 

Kami Hadir di Google News