Sumatera Barat

Pelayanan Samsat Drive Thru dan MPP Kota Payakumbuh Kembali Normal

86
×

Pelayanan Samsat Drive Thru dan MPP Kota Payakumbuh Kembali Normal

Sebarkan artikel ini
Pelayanan Samsat Drive Thru dan MPP Kota Payakumbuh Kembali Normal
Pasca tutup selama kurang lebih tiga bulan, pelayanan pajak di MPP Payakumbuh kembali dibuka. Warga diberikan pelayanan seperti sebelum mewabahnya Covid-19. (ist)
mjnews.id – Setelah hampir tiga bulan tidak memberikan layanan kepada masyarakat akibat mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), kantor UPTD Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Payakumbuh kembali mengoperasikan Samsat Drive Thru dan pelayanan di Mal Pelayan Publik (MPP) Balaikota. Kedua program itu diaktifkan, guna mempersingkat proses yang biasanya panjang di kantor UPTD Samsat.
Kepala UPTD Samsat Kota Payakumbuh Yanidar, kepada wartawan, Selasa (14/7/2020), mengatakan, pasca penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Payakumbuh dan dimulainya pemberlakuan new normal, layanan publik bayar pajak kendaraan mulai kembali beroperasi di MPP di lantai dasar Kantor Balai Kota Payakumbuh, sejak pertengahan Juni lalu. Sedangkan untuk pelayanan drive thru seminggu kemudian juga beroperasi, melayani masyarakat wajib pajak kenderaan bermotor.
“Kita kembali membuka layanan pajak itu untuk memudahkan masyarakat supaya tidak terjadi antrian panjang di kantor induk. Apalagi kondisi saat ini belumlah sepenuhnya normal. Karena masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan dalam segala hal,” ujarnya.
Dikatakan, meski pelayanan Samsat sudah dibuka kembali di drive thru dan MPP, tetapi tetap mengikuti aturan protokol kesehatan. Pakai masker baik petugas maupun masyarakat, ukur suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun sebelum masuk ruangan pelayanan. Hal ini diterapkan guna menghindari penyebaran lebih luas dampak virus corona.
Yanidar juga menyebut, saat ini pelayanan yang diberikan drive thru dan di MPP masih sama seperti sebelum adanya wabah virus corona. Dimana setiap hari dapat melayani sedikitnya 50 orang wajib pajak di MPP. Petugas Samsat yang ditempatkan juga sama tidak ada penambahan. “Tidak ada perbedaan layanan dari sebelum adanya wabah virus corona,” sebutnya.
Menurutnya, khusus dalam pembayaran pajak di drive thru ini juga tidaklah sulit. Bahkan sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
“Syarat-syarat atau berkas yang perlu dipersiapkan saat pembayaran pajak di Samsat drive thru adalah KTP asli, STNK asli, disertai kendaraan yang akan dibayar pajaknya. Kalau bisa yang datang ke samsat drive thru itu adalah pemilik kendaraannya sendiri atau yang se-alamat dengannya. Jadi bisa diwakilkan kepada suami atau istri, orangtua atau mertua, adik atau kakak yang KTPnya se-alamat. Selain itu, dokumen-dokumennya juga asli semuanya, tidak perlu di fotokopi karena nanti langsung di-scan sama petugas Samsat drive thru,” ucapnya.
Untuk Kota Payakumbuh sendiri, lokasi Samsat drive thru ini terletak di terminal Koto nan Ompek, Payakumbuh Barat. Bangunan itu dalam memberikan pelayanan menyediakan tiga loket pembayaran bagi wajib pajak.
Dari kondisi yang dilihat Singgalang, di kedua lokasi itu, terlihat di tempat pelayanan Samsat di MPP Balaikota Payakumbuh, di era new normal ini masyarakat wajib pajak cukup banyak untuk mendapatkan pelayanan. Hal ini karena di MPP disamping berada di pusat Kota, murah dijangkau juga cepat dan tepat. Masyarakat tidak perlu lama menunggu untuk membayar pajak kenderaan bermotor langsung dilayani.
“Pelayanannya cepat, jadi waktu kita tidak lama menunggu sudah dilayani. Dan petugasnya juga ramah, jadi kita senang. Ya, mudah-mudahan pelayana Samsat makin baik dan mudah dijangkau oleh wajib pajak kendaraan bermotor kedepannya,” harap Jauhari, seorang wajib pajak di Payakumbuh. (fik)

Kami Hadir di Google News