Sumatera Barat

TMMN Bantu Percepatan Pembangunan di Nagari Panyalaian, Tanah Datar

83
×

TMMN Bantu Percepatan Pembangunan di Nagari Panyalaian, Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
TMMN Bantu Percepatan Pembangunan di Nagari Panyalaian, Tanah Datar
Plh. Sekda Tanah Datar H. Edi Susanto saat mendampingi Tim Wasev TMMD/N ke-108 tahun 2020 di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto. Kegiatan di nagari itu adalah membuka jalan untuk memudahkan akses pertanian rakyat. (musriadi musanif)
mjnews.id – Pemkab Tanah Datar menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI, karena telah menjadikan daerah itu salah satu sasaran kegiatan TMMN ke-108 tahun 2020. Manfaatnya sangat besar, karena dapat membantu percepatan pembangunan di nagari.
Demikian dikatakan Plh. Sekdakab Tanah Datar H. Edi Susanto, Kamis (16/7/2020), saat mendampingi Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), yang untuk Sumatera Barat dikenal dengan Tentara Manunggal Masuk Nagari (TMMN), di lokasi kegiatan Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto.
Tim Wasev itu dipimpin Brigjen TNI Sulistiyono, didampingi Kasiter Korem 032/Wirabraja Kolonel Kav. Husnizon.
“Program TMMD/N bertujuan merangsang dan meningkatkan rasa gotong-royong masyarakat, juga bisa mempercepat pembangunan di nagari serta bisa menjadi sarana sosialisasi berbagai kebijakan dan program yang langsung dilaksanakan bersama OPD terkait,” ujar Edi.
Dia menyebut, salah satu kegiatan TMMN kali ini pembukaan jalan yang sangat dibutuhkan warga, karena bisa mempermudah akses transportasi untuk mengangkut hasil pertanian rakyat. Sulistiyono pada kesempatan itu mengatakan, kedatangannya dalam rangka melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan TMMD/N di Tanah Datar.
“Kedatangan kami atas perintah Bapak KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa selaku penanggungjawab operasional TMMD, guna melihat secara langsung pelaksanaan di lapangan, serta untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan yang akan datang,” ungkapnya.
Disebutkan, TMMD/N dilaksanakan pada desa/nagari sasaran dengan melihat skala prioritas terhadap kebutuhan pembangunan. Tentunya, kata dia, pelaksanaan TMMD/N di Nagari Panyalaian telah melalui pertimbangan dan kajian yang mendalam, terutama sinergitas dengan program pemerintah daerah, sehingga selepas pelaksanaan program selama 30 hari, nantinya akan diserahkan ke Pemda untuk dikelola ataupun ditindaklanjuti lagi.
“TMMD/N di Panyalaian ini mampu membuka jalan baru sepanjang 2,8 KM dan melaksanakan berbagai kegiatan nonfisik, kalau dilihat dari progres, dinilai sangat baik dan patut diapresiasi, namun tentunya apa yang dihasilkan tidak hanya sampai di sini, namun ke depan ditindaklanjuti oleh Pemda, sehingga semakin maksimal dimanfaatkan masyarakat,” tukasnya.
Komandan Satgas TMMD/N yang juga Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi S. Harahap menyampaikan, selama 17 hari pelaksanaan TMMD/N sudah memberikan progres yang sangat baik sesuai yang diharapkan, walaupun ada kendala di lapangan.
“Pembukaan jalan baru sepanjang 2.800 Meter dengan lebar 6 Meter telah selesai 100% namun pengerasan jalan masih 27%, sementara untuk pemasangan gorong-gorong dari 3 direncanakan ternyata menjadi 16, namun progresnya sudah 95%,” ujarnya.
Sedangkan kendala yang dihadapi, tambah Dandim, kondisi cuaca yang lebih banyak hujan, kontur tanah lunak karena tipe tanah humus serta banyaknya titik aliran irigasi melintasi menjadi tantangan.
“Walau ada tantangan dan kendala namun kita tetap optimis pelaksanaan bisa rampung, setidaknya menjelang tanggal 29 Juli nanti, dan berharap jalan yang telah dibuka memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, terutama meringankan biaya mengangkut hasil pertanian,” sebutnya. (musriadi musanif)

Kami Hadir di Google News