EkonomiSumatera Barat

BPJamsostek Kota Padang Buka Layanan Tanpa Kontak

89
×

BPJamsostek Kota Padang Buka Layanan Tanpa Kontak

Sebarkan artikel ini
Costumer Service BPJamsostek
Pelanggan memperlihatkan KTP kepada customer service BPJamsostek untuk klaim JHT di Kantor BPJamsostek Kota Padang. (ist)

mjnews.id
– Badan Penjamin Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) membuka Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik). Tujuannya memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya selama pandemi Covid-19.
Itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan BPJamsostek Padang, Rizna Irwani, di Kantor BPJamsostek, Minggu (19/7/2020).
“Lapak Asyik ini dibuka, karena prediksi akan terjadi gelombang klaim JHT (Jaminan hari Tua) dalam jumlah tinggi karena imbas dari tingginya angka PHK dan kebutuhan ekonomi yang mendesak,” jelasnya.
Setiap hari, BPJamsostek Padang menyediakan kuota 160 orang. Dengan progam Lapak Asik, semua pelanggan terlayani Customer Service (CS) melalui protokol kesehatan.
“Lapak Asik ini diaktifkan sebagai pedoman protokol layanan klaim JHT di kala kondisi pandemi Covid-19. Melalui protokol Lapak Asik, peserta tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup mendaftar via online. Hal ini selain mempermudah peserta, juga berdampak positif pada pemutusan rantai penyebaran virus,” jelasnya.
Usai mendaftar secara online, para pelanggan datang ke kantor. Menyerahkan datanya. CS melakukan verifikasi data. Nah, melalui proses wawancara ini, CS bisa melakukannya lebih dari satu orang (dua, tiga hingga empat). Itu namanya one to many.
Menghemat waktu dan kontak fisik dengan pelanggan, CS bisa mewawancarai pelanggan sekaligus, tentunya dengan alat yang tersedia. Di pojok saja, disediakan komputer lengkap dengan alat pendengar. Dengan alat tersebut, pelanggan bisa berbicara dengan CS tanpa kontak fisik. 
“Begitu pula dengan CS bisa melakukannya lebih dari satu pelanggan sekaligus. Untuk kerahasiaan dari pelanggan cukup terjaga. Hanya CS yang bisa mendengar percakapan pelanggannya. Dan pelanggan sebelahnya tidak mendengar percakapan mereka,” jelasnya.
Ia mengimbau agar seluruh peserta yang akan melakukan klaim JHT dapat mengikuti prosedur yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan bersama. Hal ini dilakukan untuk menghindari pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk melakukan tindakan fraud, seperti pencairan fiktif dana JHT. Maka dari itu, proses verifikasi, meskipun tanpa tatap muka, akan tetap dijalankan sesuai prosedur.
Informasi lebih lanjut terkait pelayanan BPJamsostek atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJamsostek di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo atau akun Youtube BPJS Ketenagakerjaan youtube bit.ly/LAPAKASIK.
“Kami memahami urgensi peserta dalam mengajukan klaim dan menjamin pelayanan yang kami berikan selalu sesuai dengan standar yang berlaku di BPJamsostek, namun dengan tetap mengutamakan keamanan dana peserta. Untuk saat ini kami mohon pengertian peserta untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19. Apabila ada hal yang kurang berkenan, agar disampaikan melalui kanal informasi resmi kami yang tersedia,” ucapnya. 

(eds)

Kami Hadir di Google News