Sumatera Barat

Korem 032/Wbr Panen Raya Bersama Kelompok Tani Limutu Kabupaten Solok

69
×

Korem 032/Wbr Panen Raya Bersama Kelompok Tani Limutu Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini
Korem 032/Wbr Panen Raya Bersama Kelompok Tani Limutu Kabupaten Solok
Menandai panen raya di lahan sawah nagari Guguak Sarai, Danrem Brigjen TNI Arief Gajah Mada bersama Bupati Solok Gusmal, Kapolres, Kasiren Korem, para Kasi Kasrem serta Dandim 0309/ Solok turun ke sawah melakukan panen, Kamis (23/7/2020). (Ist)
mjnews.id – Jajaran Korem 032/Wirabraja bersama Kodim 0306/Solok terus membangun sinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan hasil pertanian dalam rangka ketahanan pangan terlebih dalam situasi pandemi Covid-19.
Usaha budidaya pertanian itu ditandai dengan melakukan panen raya oleh Komandan Korem Brigjen TNI Arief Gajah Mada bersama Bupati, Kapolres dan Forkopimda Kabupaten Solok di Nagari Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sei Lasi, Kamis (23/7/2020).
Dengan melibatkan personil Koramil dan para Babinsa, panen raya ini disambut Walinagari Guguak Sarai Dt. Endah Bung su dengan rasa bangga dan terimakasih atas kepedulian jajaran TNI sehingga wilayahnya dikunjungi seorang Jenderal.
Disampaikan, potensi lahan sawah di Nagari Guguk Sarai seluas 35 hektare, dengan hasil 6,5 ton perhektarenya. Dengan potensi itu, Walinagari mengaku mencukupi ketahanan pangan selama Co vid-19. “Kita berharap adanya perbaikan irigasi dari pemerintah Kabupaten Solok,” jelasnya.
Menanggapi itu, Bupati Solok Gusmal menyebutkan, wilayah Solok memiliki tiga zona, yaitu zona Utara memiliki hasil pertanian perikanan dan kerambah ikan bilih. Zona tengah menghasilkan lumbung padi terbaik dengan lahan seluas 23.000 hektare serta kualitas premium, Sedangkan untuk Zona Selatan menghasilkan hortikultura, seperti bawang, kentang dan sayuran. “Dengan kondisi ini, dapat dikatakan Kabupaten Solok merupakan salah satu daerah lumbung pangan di Sumatera Barat,” sebut Gusmal.
Mengiringi panen raya itu, Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada menyampaikan apresiasi kepada Dandim, masyarakat dan Forkopimda yang telah menyiapkan kegiatan ini.
Program ketahanan pangan, kata Arif, merupakan salah satu program TNI di bidang teritorial untuk menjaga ketahanan pangan.
“Ketahanan pangan ini merupakan ketersediaan ketahanan pangan. Semua elemen harus ikut bekerja untuk menjaga kestabilannya dengan mem- perhatikan perairan dan hama. Dengan begitu, kualitas padi dapat terjaga,” sebut Arief Gajah Mada.
Di sisi lain, Komandan Korem mengingatkan masyarakat setempat agar selalu menegakkan disiplin protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak.
Selain Danrem 032 Wirabraja Arief Gajah Mada dan Bupati Solok Gusmal, hadir pada kesempatan itu Dandim 0309 Solok, Kapolres Solok Kota, Kepala SKPD dan Camat IX Sei Lasi Reflidon serta Walinagari dan pemuka masyarakat Guguak Sarai.
Selepas melaksanakan panen, secara bersama-sama dengan pejabat Forkopimda dilanjutkan pemberian bantuan pupuk dan sembako kepada kelompok tani Limutu Guguak Sarai. (yas)

Kami Hadir di Google News