Sumatera Barat

9.250 Kg Benih Padi Gadang Rumpun untuk 49 Keltan di Sawahlunto

79
×

9.250 Kg Benih Padi Gadang Rumpun untuk 49 Keltan di Sawahlunto

Sebarkan artikel ini
9.250 Kg Benih Padi Gadang Rumpun untuk 49 Keltan di Sawahlunto
Walikota Sawahlunto, Deri Asta dan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Heni Purwaningsih tengah tengah bertanam padi di Kelompok Tani Batang Kuluak, Desa Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin. (Humas)
mjnews.id – Sebanyak 9.250 kilogram benih Padi Gadang Rumpun Kumbayau dan 55.500 kilogram pupuk jenis NPK Phonska Plus diberikan pada 49 kelompok tani di Sawahlunto. 
“Benih Padi Gadang Rum- pun dan pupuk NPK Phons ka Plus kita berikan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi di daerah ini,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, Lelis Eprienti didampingi Sekretaris dinas Heni Purwaningsih dan Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura, Yunismartita, Kamis (23/7/2020). 
Dikatakannya, dipilihnya benih Padi Gadang Rumpun Kumbayau untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi dalam upaya memperkenalkan dan mengembangkan varietas unggul lokal dari Sawahlunto. 
Ditambahkan Sekretaris Dinas, benih varietas Padi Gadang Rumpun disemai di lahan sawah 370 hektar yang tersebar di semua kecamatan di Sawahlunto. Benih Padi Gadang Rumpun Kumbayau ini diberikan pada kelompok tani aktif. 
Dikemukakan Heni Purwaningsih, adanya bantuan pupuk dan benih padi akan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman padi. Mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19, ekonomi petani masih terganggu. Salah satu indikator rendah daya beli petani. Adanya bantuan ini dapat membantu petani dalam berusaha tani. 
“Benih varietas Padi Gadang Rumpun Kumbayau kita berikan pada lahan sawah yang produktivitas masih rendah, terutama di area sampel ubinan BPS,” ujar Heni. 
Sementara itu, berkaitan dengan bantuan bibit sayuran, Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura, Yunismartita mengemukakan, selain bantuan benih padi, juga bibit sayuran. Ada 36.874 batang bibit sayuran yang terdiri dari terung ungu/hijau, cabai rawit, cabai kriting, caisin, kol dan tomat beserta polybag yang diberikan kepada masyarakat di 37 desa dan kelurahan. (rfd)

Kami Hadir di Google News