Sumatera Barat

Peringati Hari Anak Nasional 2020, Begini Pesan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh

77
×

Peringati Hari Anak Nasional 2020, Begini Pesan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh

Sebarkan artikel ini
Peringati Hari Anak Nasional 2020, Begini Pesan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh
Hari Anak Nasional 2020. (Net)

mjnews.id – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak. Peringatan HAN tahun 2020 ini, mengambil tema Anak terlindungi Indonesia maju. Meski tidak diperingati secara besar-besaran karena pandemi Covid-19, namun kepedulian terhadap HAN ini tidak hilang.
Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Hj. Henny Riza Falepi, kepada wartawan, Kamis (23/7/2020), mengatakan anak adalah amanah bagi orang tua dan masa depan bagi masyarakat. Meski peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 ini tidak besar-besaran, namun ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia. Baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. 
“Amanah dalam arti bahwa pengasuhan anak akan diminta pertanggungjawaban di akhirat kelak. Dengan demikian pengasuhan anak tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang sepele atau dilaksanakan secara asal-asalan,” ujarnya.
Henny juga menjelaskan, tanggung jawab utama pengasuhan dan pendidikan anak ada pada orang tua. Sekolah sifatnya hanya pendukung, bukan yang utama. Jadi kondisi apa pun, termasuk dengan kondisi Covid-19 saat ini, orang tua lah yang harus bertanggung jawab bagaimana proses pendidikan anak itu tetap terlaksana dengan baik.
“Untuk pembelajaran di rumah, orang tua harus lebih aktif mencari sumber referensi yang kira-kira bermanfaat untuk anak. Berdiskusi dengan sekolah bagaimana proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik. Jadi orang tua harus memberi contoh, jangan sampai orangtua pula yang lebih stres,” jelasnya.
Pada peringatan HAN tahun 2020 ini, Henny berharap kepada seluruh orang tua, harus bisa memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Dan karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan. Serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Allah Yang Maha Kuasa. (fik)

Kami Hadir di Google News