Sumatera Barat

Petugas Damkar Payakumbuh Evakuasi Ular Kobra dari Kediaman Warga

106
×

Petugas Damkar Payakumbuh Evakuasi Ular Kobra dari Kediaman Warga

Sebarkan artikel ini
Petugas Damkar Payakumbuh Evakuasi Ular Kobra dari Kediaman Warga
Petugas Damkar Payakumbuh Evakuasi Ular Kobra dari Kediaman Warga. (f/humas)

Payakumbuh, Mjnews.id – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh tidak hanya bertugas untuk memadamkan kebakaran saja. Dimana tugas dan fungsi Bidang Damkar tidak hanya membantu masyarakat dalam pemadaman bencana kebakaran, tetapi juga penyelamatan atau tugas rescue yang sudah mulai diketahui oleh masyarakat di Payakumbuh.

Kasatpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra, didampingi Kabid Damkar Budi Kurniawan, kepada Singgalang, Selasa (28/7), mengatakan, selain memadamkan api petugas Damkar juga bertugas sebagai penyelamat. Seperti yang dilakukan saat memberikan bantuan evakuasi ketika seekor ular yang masuk dan bersembunyi di dalam peralatan mesin mobil sedan toyota starlet warga bernama Yopi, penghuni Perumahan Panorama Alam Indah, Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

“Awalnya ada laporan masyarakat yang masuk ke posko Damkar, dimana ada warga untuk meminta bantuan evakuasi seekor ular yang masuk dan bersembunyi di dalam peralatan mesin mobil miliknya. Mendapat laporan itu, Kabid Damkar Budi Kurniawan langsung memerintahkan Kasi Ops. Ahdion dan Danru 1 H. Indra Jaya, beserta anggota untuk membantu mengevakuasi ular tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, petugas yang datang tidak memerlukan waktu yang lama. Personil Damkar berhasil membantu menangkap ular jenis king kobra dengan panjang 3 meter dan kemudian dimasukan ke box yang sudah disediakan.

“Yopi pemilik rumah sangat berterima kasih kepada personil Damkar yang telah membantu penyelamatan rumahnya dari ular yang terkenal dengan bisa yang mematikan itu,” tambahnya.

Sebelumnya, kata Devitra, petugas juga berhasil membantu evakuasi ular di rumah Icha Salon di Labuh Baru, Payakumbuh Utara. Ular yang berhasil ditangkap tersebut, oleh petugas selanjutnya diserahkan kepada Komunitas Pencipta Reptil Payakumbuh Amphibi. 

“Apabila masyarakat butuh bantuan penyelamatan dari binatang berbisa, misalnya evakuasi sarang tawon, ular, biawak dan sebagainya, dapat menghubungi quick respon Damkar di nomor 0752-92913,” kata Devitra.

(fik)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT