EkonomiSumatera Barat

Pengurus Koperasi Kabupaten Solok Dilatih Penguatan Kelembagaan

83
×

Pengurus Koperasi Kabupaten Solok Dilatih Penguatan Kelembagaan

Sebarkan artikel ini
Pengurus Koperasi Kabupaten Solok Dilatih Penguatan Kelembagaan
Bupati Solok, H. Gusmal menyampaikan arahan ketika membuka pelatihan penguatan kelembagaan bagi 40 pengurus koperasi di daerah itu, di salah satu hotel di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. (Ist)

mjnews.id
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok kembali menggelar pelatihan penguatan kelembagaan koperasi bagi pengurus koperasi di daerah itu. Pelatihan yang digelar selama tiga hari, mulai Minggu sampai Selasa (26-28/7) ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan profesionalitas pengurus koperasi dalam mengelola koperasi demi meningkatkan kesejahteraan anggota.
“Kegiatan ini digelar selama tiga hari dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Peserta pelatihan bukan hanya pengurus atau pengelola koperasi yang sudah ada sejak lama, tapi juga untuk koperasi yang baru merintis,” kata Kadis Koperindag UKM Eva Nasri.
Mengiringi pembukaan pelatihan gelombang kedua itu, Bupati Solok Gusmal menekankan tentang pembentukan sebuah koperasi didasari dengan undang-undang atau aturan yang berlaku. Salah satu tujuan dari dibentuknya koperasi ialah untuk menyejahterakan anggota koperasi serta mencari laba untuk organisasi koperasi itu sendiri.
Dengan adanya koperasi di lingkungan masyarakat, kata bupati, maka secara tidak langsung akan membantu perekonomian anggota maupun masyarakat. 
“Gunakan koperasi sebagai wadah untuk membangun sebuah usaha yang berkelanjutan. Koperasi yang aktif juga akan menunjang perekonomian suatu daerah,” ucap Gusmal.
Menurut bupati, seorang yang memiliki usaha harus memiliki sikap berani, terampil serta pemahaman dan wawasan yang cukup agar usaha yang digeluti dapat berjalan dengan baik ke depannya.
Bupati berharap seluruh koperasi di Kabupaten Solok dapat terus aktif dari masa ke masa. Pemerintah daerah melalui Dinas Koperindag lanjutnya, akan selalu memberikan binaan kepada koperasi beserta pengurusnya.
“Untuk membentuk koperasi yang baik, maka seluruh pembukuan harus jelas dan transparan,” ujarnya.
Pembentukan sebuah koperasi ditambahkannya juga didasari dengan kesamaan kebutuhan dan tujuan. “Makanya, saya berpesan agar anggota koperasi tidak hanya menjadi pribadi yang konsumtif, melainkan juga menjadi pribadi yang produktif,” pungkasnya. (yas)

Kami Hadir di Google News