Sumatera Barat

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Adakan Pameran Koleksi Khusus Bung Hatta

81
×

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Adakan Pameran Koleksi Khusus Bung Hatta

Sebarkan artikel ini
UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Gelar Pameran Koleksi Khusus Bung Hatta
Para pengunjung Pameran Koleksi Khusus Bung Hatta sedang melihat-lihat pameran buku Bung Hatta di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. (Ist)

mjnews.id – UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menggelar Pameran Koleksi Khusus Bung Hatta, dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Bung Hatta yang ke-118, jatuh pada 12 Agusutus 2020 di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta 

Kegiatan berlangsung selama 8 hari pada 5-12 Agustus 2020, bertujuan untuk mengenang kembali sosok tokoh proklamator yang sederhana, jujur dan bersahaja. Selain itu untuk menyebarkan informasi mengenai koleksi buku karya Bung Hatta. Mengenalkan jejak perjuangan Bapak Bangsa. Kemudian hal yang tak kalah penting yaitu memotivasi masyarakat untuk meningkatkan semangat dan pengetahuannya mengenai sosok Bung Hatta lebih jauh. 

Ada beberapa koleksi buku yang dipamerkan di ruang galeri Bung Hatta dan dapat dilihat oleh pengunjung. Beberapa judul buku yang dipamerkan anata lain Alam Pikiran Yunani, Demokrasi Kita, Pengantar ke Jalan Ekonomi Perusahaan, Tanggung Djawab Moril Kaum Intelegensia, Pikiran-Pikiran Dalam Bidang Ekonomi, Permulaan Pergerakan Nasional dan masih banyak lainnya. Buku-buku tersebut merupakan buah karya pemikiran sang proklamator dan terdapat juga beberapa buku tentang Bung Hatta hasil karya beberapa penulis. 

Selain buku-buku, dalam pameran ini juga dipamerkan beberapa koleksi foto Bung Hatta yang menceritakan kisah perjalanan hidup beliau. Mulai dari masa kecil, masa ketika menempuh pendidikan di Belanda, dan masa perjuangan kemerdekaan. Ada pula sudut galeri yang menampilkan foto-foto kebersamaan Bung Hatta beserta keluarganya.

Pameran Koleksi Khusus Bung Hatta ini berakhir pada 12 Agustus 2020 yang bertepatan dengan Hari Kelahiran Bung Hatta. Selain itu, pada hari yang sama juga akan diselenggarakan Webinar yang bertema Bung Hatta dan Perpustakaan sebagai acara puncak peringatan Hari Kelahiran Bung Hatta ke-118. 

Kegiatan ini diisi oleh tiga orang narasumber yaitu Dra. Halida Nuriah Hatta, MA, DR. Silvia Hanani, M.Si dan Zamakhsyari Abrar, S.Sos. Dimana nantinya akan mengangkat cerita tentang pengalaman ingatan putri proklamator, kekuatan literasi masyarakat pada era Bung Hatta dan kemampuan literasi intelektual yang berkaca pada Bung Hatta. (UPT PPBH)

Kami Hadir di Google News