HeadlineSumatera Barat

Long Boat Bermuatan Kelapa dari Pulau Siburu Menuju Dermaga Tua Pejat Kepulauan Mentawai Terbalik

82
×

Long Boat Bermuatan Kelapa dari Pulau Siburu Menuju Dermaga Tua Pejat Kepulauan Mentawai Terbalik

Sebarkan artikel ini
Tim SAR gabungan mengevakuasi korban long boat terbalik

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban long boat terbalik bersama muatan kelapa ke bibir Pantai Jati, Kepulauan Mentawai. (ist)


mjnews.id
– Long boat pengangkut kelapa dari Pulau Siburu, Tuapejat, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai terbalik saat menuju Dermaga Tuapejat, Selasa (18/8/2020) siang. 

Akibatnya tiga penumpang long boat harus dievakuasi oleh tim Search and Rescue (SAR) gabungan. Beruntung ketiga korban diantaranya Ajo Limin (48), Herman (29) dan Tainong (30) berhasil dievakuasi ke Pantai Jati, Tuapejat bersama seratusan kelapa. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Kepulauan Mentawai, Akmal mengungkapkan, terbaliknya long boat dipicu oleh arah angin yang tak menentu, menyebabkan kendali long boat tidak stabil.

“Dapat informasi langsung dari survivor saat kejadian, langsung tim SAR gabungan bergerak ke titik koordinat, sekitar 1,1 Nautcal Mile dari Dermaga Tuapejat. Beruntung survivor sudah ditolong oleh masyarakat yang kebetulan lewat, kemudian tim mengevaluasi ke Pantai Jati. Disebabkan arah angin tak menentu, sehingga kendali long boat tidak stabil, lalu terbalik,” ujar Akmal usai menutup operasi SAR tersebut. 

Adapun tim SAR gabungan yang terlibat pada operasi ini diantaranya Tim Rescue SAR Mentawai, TNI dan Polri, BPBD serta masyarakat. (rik)

Kami Hadir di Google News