Sumatera Barat

Tagana Muda Siaga Bencana Muda Kota Bukitinggi Dilatih Pendidikan Dasar

96
×

Tagana Muda Siaga Bencana Muda Kota Bukitinggi Dilatih Pendidikan Dasar

Sebarkan artikel ini
Ramlan Nurmatias sematkan tanda peserta pelatihan diksar
Walikota Bukittinggi, H. Ramlan Nurmatias menyematkan tanda peserta pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Taruna Siaga Bencana Muda Kota Bukittinggi, Sabtu (22/8/2020). (Humas)

mjnews.id – Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, membuka pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Taruna Siaga Bencana (TAGA NA) Muda Kota Bukittinggi dalam sebuah upacara yang bertempat di lapangan bola kaki Inkorba Kelurahan Campago Guguk Bulek Kecamatan MKS Bukittinggi, Sabtu (22/8/2020).

Terlihat hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Dinas Sosial Kota Bukittinggi Linda Faroza, Kepala Dinas Sosial Prov.Sumbar yang diwakili oleh Iskandar Kasi Perlindungan Korban Bencana alam dan Bencana Sosial, Camat MKS Erizal, Lurah Campago Guguak Bulek Ujian Tarianto dan perwakilan dari pilar sosial.

Linda Faroza, Kadis Sosial Bukittinggi, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan daripada pelatihan Diksar ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pelatihan agar mereka memiliki ketrampilan dalam penangan bencana.

“Saat ini, Bukittinggi memiliki 1 omrang Tagana Utama dan 2 orang tagana dengan klasifikasi Madya, sedangkan untuk Tagana Muda ada sebanyak 29 orang dan yang belum mengikuti pelatihan sebanyak 16 orang. Kepada 16 orang Tagana Muda tersebut pada hari ini diberikan pelatihan agar mereka juga memiliki ketrampilan dalam hal penanganan kebencanaan,” ujarnya. 

Sementara itu Walikota Bukittinggi dalam sambutannya mengatakan, Bukittinggi adalah kota yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, keberadaan Tagana selama ini sangat dirasakan sekali oleh pemerintah untuk itu sesuai dengan tugas pokoknya sendiri tagana tidak hanya melakuan kegiatan ketika terjadinya bencana tetapi juga melakukan pendataan potensi–potensi kebencanaan yang ada. Apalagi disaat sekarang ini Bukittinggi masih dilanda pandemic virus corona dan tentunya perlu disosialisasikan karena menjadi tanggungjawab bersama untuk memutus mata rantai daripada virus tersebut.

“Kondisi kita di Bukittinggi termasuk rawan bencana, dan secara nasionalpun kita dapat bencana yang belum selesai sampai saat ini, yakni virus corona, untuk itu perlu diberikan materi tentang upaya dan langkah–langkah dalam memutus mata rantai daripada vius tersebut, karena bagaiamanapun Tagana adalah yang terdepan memberikan pengertian kepada masyarakat kita tentang virus ini, dan juga berikan pegertian kepada masyarakat kita serta yakinkan ketika keluar rumah sehat dan ketika pulang kerumah juga sehat, selalu gunakan masker dan sering mencuci tangan pakai sabun,” ungkap Walikota.

Kemudian walikota juga berharap, agar 16 orang Tagana Muda yang mengikuti Diksar ini senantiasa mengembangkan ilmu pengetahunnya dan selalu menjaga kekompakan dan setelah selesai mengikuti diksar ini benar–benar telah siap untuk hidup bersosial dan menjadi taruna yang bermanfaat bagi kita semua.

Adapun pemateri pada Diksar ini adalah Iskandar dari Dinas Sosial Prov.Sumbar, Solehan Tagana Utama Kota Bukittinggi dan dari anggota Tagana Madya Bukittinggi dengan materi Diksar antara lain Permensos No.28 tahun 2012, Manajemen Shelter, Manajemen dapur umum Manajemen logistic, Pengenalan alat vertical rescue dan Tradisi pembasisan Tagana.

Pada kesempatan tersebut Walikota Ramlan Nurmatias juga memberikan pakaian seragam yang masing–masingnya berupa Baju dan Rompi kepada 3 orang TKSK dan untuk 150 orang anggota Karang Taruna serta untuk 130 orang PSM yang diterima oleh masing–masing perwakilan. 

(ril)

Kami Hadir di Google News