Sumatera Barat

SSI Edukasi Masyarakat di Sepanjang Aliran Sungai

74
×

SSI Edukasi Masyarakat di Sepanjang Aliran Sungai

Sebarkan artikel ini
Perwakilan SSI wilayah Sumatera Barat
Perwakilan Srikandi Sungai Indonesia (SSI) wilayah Sumatera Barat berkunjung ke aula Gubernuran Sumbar, Jumat (28/8/2020) yang disambut anggota DPR RI sekaligus pembina SSI Sumbar, Ny. Nevi Zuairina. (rian)

mjnews.id – Berangkat dari kepedulian terhadap kelestarian sungai yang saat ini kian mengkhawatirkan, Srikandi Sungai Indonesia (SSI) wilayah Sumatera Barat (Sumbar) yang beranggotakan sejumlah perempuan yang bekerja di sejumlah instansi swasta, pemerintahan, pengusaha, akademisi, dan masyarakat, hadir dan berperan dalam memberikan edukasi, konservasi hingga pengembangan ekonomi kreatif bidang pariwisata khususnya di sepanjang daerah aliran sungai.

SSI Wilayah Sumbar yang telah di berikan Surat Keputusan (SK) oleh SSI Pusat sejak 14 Agustus lalu, hingga kini terus gencar memperkenalkan diri di tengah masyarakat agar nantinya seluruh sungai yang ada di Sumatera Barat semakin bersih dan pantai yang menjadi muara semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik dari seluruh wilayah di Sumbar maupun dari luar.

Ketua Srikandi Sungai Indonesia (SSI) wilayah Sumatera Barat, Osronita menjelaskan, hingga pelantikan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Desember 2020 nanti, SSI akan gencar membentuk kader di seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat, dan juga mengajak instansi terkait untuk menjadi mitra kerja dan berperan dalam mengembangkan, sehingga nantinya SSI Sumbar semakin berkembang dan masyarakat pun akan merasakan dampak, baik dari segi ekonomi dan kesejahteraan maupun lingkungan yang indah melalui kaum perempuan.

“Program kerja jangka pendek, SSI Sumbar memprioritaskan aliran sungai di sepanjang perlintasan jembatan jalan Padang ke Bukittinggi menjadi bersih dari sampah, dengan cara memberikan edukasi serta pendampingan, agar nantinya tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke aliran sungai yang nantinya bermuara ke Pantai di Sumbar,” jelasnya saat kunjungan ke Aula Gubernuran Sumatera Barat, Jumat (28/8/2020).

Saat ini juga telah dibentuk pengurus di sejumlah lokasi, diantaranya Nagari Talang Babungo, Palupuah, Sungai Pinang dan Tambangan Tanah Datar.

Anggota DPR RI sekaligus pembina SSI Sumbar, Ny. Nevi Zuairina turut memberikan dukungan terhadap perkembangan SSI di Sumatera Barat, sehingga kehadirannya sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di sepanjang daerah aliran sungai.

“Organisasi masyarakat seperti SSI wilayah Sumbar, memiliki program yang sangat baik dan bermanfaat banyak bagi masyarakat, terlebih saat ini laut dalah salah satu objek wisata yang diminati. Namun, jika sungai tidak dijaga dari sampah, laut nantinya akan rusak, dan semoga kedepan SSI Sumbar semakin berkembang pesat,” ungkapnya.

(ran)

Kami Hadir di Google News