Sumatera Barat

BNPB Gelar Bimtek Fasilitator Satuan Pendidikan Aman Bencana di Pasaman

83
×

BNPB Gelar Bimtek Fasilitator Satuan Pendidikan Aman Bencana di Pasaman

Sebarkan artikel ini
Bimtek Fasilitator SPAB
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi memberikan sambutan dalam Bimtek Fasilitator SPAB di Aula Arumas Hotel, Lubuksikaping. (Ist)

mjnews.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Berbasis Qobilah bagi pembina Hizbul Wathan di Kabupaten Pasaman.

Kegiatan dibuka oleh Plh Direktur Mitigasi Bencana BNPB, Radito Pramono, Plh. Kegiatan diikuti oleh 31 peserta, terdiri dari, jajaran BPBD, Disdikbud setempat, MDMC Sumatera Barat, Korwil dan Pelatih Hizbul Wathan se-Kabupaten Pasaman. 

Kalaksa BPBD Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi mengatakan, kegiatan itu dalam rangka pelaksanaan Program Satuan Pendidikan Aman (SPAB) Tahun 2020. Dimana BNPB bersama Kemendikbud dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bekerjasama dalam hal mitigasi bencana. 

“Penanganan kebencanaan perlu diintegrasikan dalam kegiatan-kegiatan kepanduan Hizbul Wathan (HW). Ini merupakan langkah bersama sebagai upaya mitigasi bencana untuk warga sekolah/peserta didik,” ujar Ricky, Sabtu (29/8/2020).

Bimtek SPAB tersebut dilaksanakan selama tiga hari ke depan, dimulai 26-28 Agustus kemarin, bertempat di Aula Arumas Hotel, Lubuk Sikaping. Ricky pun sangat mengapresiasi penunjukan Kabupaten Pasaman sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut oleh BNPB. 

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BNPB ini, dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya menyelenggarakan kegiatan ini di Kabupaten Pasaman. Karena kegiatan ini hanya dilaksanakan di delapan kabupaten atau kota se Indonesia,” katanya.

Ke depan, Ricky berharap akan semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya pengurangan resiko bencana ini, dengan mengetahui potensi bencana, menyiapkan strategi atau cara menghadapinya, sehingga semua elemen masyarakat siap untuk selamat.

(amr)

Kami Hadir di Google News