Sumatera Barat

Bekerjasama dengan IPDN, Nagari Tabek Patah Tanah Datar Jadi Proyek Percontohan

74
×

Bekerjasama dengan IPDN, Nagari Tabek Patah Tanah Datar Jadi Proyek Percontohan

Sebarkan artikel ini
Nagari Tabek Patah Jadi Proyek Percontohan
Pemkab Tanah Datar menjalin kerjasama dengan IPDN dalam mewujudkan nagari berbasis informasi teknologi. Nagari Tabek Patah ditunjuk sebagai proyek percontohan. (Musriadi Musanif)

mjnews.id – Pemkab Tanah Datar menjalin kerjasama dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), sebagai salah satu upaya mewujudkan nagari berbasis informasi teknologi.

“Nota kesepakatan kerjasamanya sudah ditandatangani. Kita menunjuk Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpauang, sebagai proyek percontohan kerjasama ini. Mudah-mudahan diimplementasikan di 74 nagari lainnya se-Tanah Datar,” ujar Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar, Nofenril, Rabu (2/9/2020).

Dikatakan, dalam program kerjasama itu, di Nagari Tabek akan diupayakan pengembangan teknologi informasi yang dikaitkan dengan pengembangan Badan Usaha Nagari berbasis elektronik atau e-BUMNag.

Nota kesepakatan kerjasama ditandatangani Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Irwandi, dan Rektor IPDN yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Khasan Efendi, disaksikan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, dan pejabat terkait lainnya.

“Ini adalah kerjasama dalam upaya pembinaan nagari berbasis teknologi informasi, dikenal dengan smart nagari. Bersamaan dengan itu dilakukan pula peningkatan kompetensi teknis dan manajerial perangkat nagari,” katanya.

Sekda Irwandi menyatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan IPDN itu, karena sangat sejalan dengan program Pemkab Tanah Datar dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan penerapan aplikasi teknologi dalam berbagai sektor pembangunan.

Menurutnya, pembinaan nagari berbasis IT sekaligus peningkatan kompetensi teknis dan manajerial perangkat nagari, dipandang sangat strategis dalam menghadapi era 4.0. “Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang memaksa kita mempercepat implementasi IT. Mudah-mudahan berjalan lancar,” sebut Irwandi.

Lingkup kegiatan berdasarkan nota kesepakatan kerjasama mencakup Praktek Lapangan Bhakti Karya Praja (BKP) dan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Praja IPDN, pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penyediaan bantuan tenaga ahli sebagai narasumber, dosen, dan pelatih pada berbagai kegiatan.

(Musriadi Musanif)

Kami Hadir di Google News