BudayaSumatera Barat

Dibuka Penampilan Grup Randai Perempuan, Hari Ini Festival Randai di Taman Budaya Sumbar

72
×

Dibuka Penampilan Grup Randai Perempuan, Hari Ini Festival Randai di Taman Budaya Sumbar

Sebarkan artikel ini
muasri
Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, Muasri

mjnews.id – Hari ini, Kamis (17/9/2020) dimulai pembukaan Festival Randai di Taman Budaya yang diikuti 15 grup randai terbaik dari kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar). Paling menariknya, grup randai yang diisi oleh perempuan semuanya menampilkan randai saat pembukaan. Ini terobosan baru dan menarik, yang selama ini randai didominasi dan diisi oleh kaum pria.

Kepala Taman Budaya Sumbar, Muasri di Padang, Rabu (16/9/2020) mengatakan, pelaksanaan festival randai tersebut berlangsung selama 3 hari, 17-19 September dengan peminat yang cukup tinggi.

Disebutkan, sebanyak 86 grup yang mendaftar dalam festival randai tersebut dari semua kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Namun, tak semua ikut dan dilakukan kurasi (penyeleksian) oleh tim juri.

Dari kurasi itulah tinggal 15 grup randai, sehingga yang tampil dalam festival randai tersebut memang yang terbaik pilihan juri dan panitia. Saat kurasi, dilihat dari data lengkap grup randai tersebut termasuk prestasi yang telah diraih.

Disebutkannya, pada festival kali ini memang berbeda dalam tahun sebelumnya karena kondisi covid-19. Mulai dari pengumuman atau undangan untuk pendaftaran yang dimulai 3-4 bulan sebelum kegiatan dimulai melalui media sosial.

Dengan demikian, peserta cukup banyak dan membludak sehingga bisa dilakukan kurasi secara maksimal. Grup randai yang lolos untuk ikut festival diberikan uang pembinaan Rp5 juta. Banyaknya jumlah peserta, menunjukan randai masih tetap tumbuh sumbur di kabupaten/kota di Sumbar.

Dikatakan, karena kondisi masih covid-19 sehingga dalam pelaksanaan mengikuti protokol kesehatan. Dari 15 grup peserta dibagi penampilannya 5 grup setiap hari. Lalu, dalam sehari pun dibagi penampilan 2 grup pagi dan 3 grup siang hari.

“Kondisi demikian dibuat, supaya tetap peserta dan penonton menjaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan,”ulas Muasri.

Ditambahkan Muasri, masyarakat umum diharapkan bisa menghadiri festival randai ini yang berlangsung selama 3 hari tersebut karena yang tampil grup-grup randai terbaik.

(*/eds)

Kami Hadir di Google News