SportSumatera Barat

Pemprov Sumbar Komit Anggarkan Dana untuk Olahraga

75
×

Pemprov Sumbar Komit Anggarkan Dana untuk Olahraga

Sebarkan artikel ini
Nasrul Abit bersama atlet PON
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit bersama atlet PON.

mjnews.id – Atlet Sumatera Barat (Sumbar) yang sedang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Provinsi Papua mendapat perhatian penuh Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, yang sudah memperjuangkan anggaran untuk olahraga, sehingga mereka tidak terdampak Pandemi Covid-19.

“Anggaran semua dinas di Sumbar habis direfocusing. Anggaran KONI Sumbar juga direfocusing Rp16 miliar, tapi itu untuk keberangkatan ke Papua, karena PON tak jadi tahun ini dilaksanakan. Tapi anggaran untuk pembinaan atlet tidak kami refocusing, karena kebutuhan atlet yang utama,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

Ia mengakui sangat kagum dengan keaktifan KONI Sumbar dalam menjalankan semua program, sehingga mau tidak mau Pemprov harus selalu menganggarkan dana untuk olahraga.

“Semua program KONI Sumbar jalan, meski masa Pandemi ini masih berlangsung. Paling penting jalankan semua kegiatan dengan Protokol Covid-19,” katanya.

Selain penganggaran untuk pembinaan atlet dan pelatih, peran pemerintah untuk olahraga sebut melaksanakan pembangunan infrastruktur penunjang olahraga.

Saat ini, Pemprov Sumbar sedang membangun Main Stadium di Padang Pariaman. Fungsinya untuk jangka pendek adalah kegiatan pelaksanaan MTQ Nasional. Namun untuk jangka panjang bisa dipakai atlet dan pelatih untuk mengembangkan olahraga.

Ke depan, sebut Nasrul Abit, Sumbar bertekad menjadi tuan rumah di PON 2028. Maka dari itu, semua persiapan harus dilaksanakan dari saat ini. Mengingat bakal banyak keuntungan yang bisa didapat apabila Sumbar jadi tuan rumah.

“Yang paling pasti dari segi ekonomi bakal mengalami peningkatan luar biasa apabila menjadi tuan rumah PON. Selain itu juga jumlah sarana infrastruktur olahraga meningkat pesat,” Tuturnya.

Ketua KONI umum Sumbar, Syaiful sangat berterimakasih atas perjuangan Pemprov Sumbar yang telah mempertahankan anggaran untuk KONI .

“Alhamdulillah anggaran yang dialokasikan untuk KONI Sumbar, sudah disalurkan untuk uang pembinaan atlet serta konsumsi atlet. Tinggal lagi pembelian peralatan latihan dan pertandingan atlet. Sudah selesai lelang, karena Pandemi butuh waktu untuk mendistribusikannya. Namun segera kita distribusikan,” ucap Syaiful merinci.

(rel/eds)

Kami Hadir di Google News