SportSumatera Barat

Virtual Rally Fun Bike dalam Rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020

73
×

Virtual Rally Fun Bike dalam Rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020

Sebarkan artikel ini
Virtual Rally Fun Bike
Gubernur Irwan Prayitno melepas peserta Virtual Rally Fun Bike dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020, Sabtu (26/9/2020) di Mapolda Sumbar. (ist)

mjnews.id – Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah III Provinsi Sumatera Barat mengadakan virtual Rally Fun Bike dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan tahun 2020. Para peserta dilepas langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di halaman Polda Sumbar, Sabtu (26/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan bahwa kegiatan bersepeda di Sumbar sangat aman di bandingkang kota-kota lainya di Indonesia. Hal ini disebabkan Sumbar tingkat kemacetannya tidak separah kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Sumbar aman untuk para pesepeda. Tetapi, membangun jalan khusus untuk para pesepeda di Sumbar tidak memungkin sekali, karena tidak ada lahan lagi untuk dijadikan jalur khusus untuk pesepeda. Diharapkan, pesepeda di Sumbar, khususnya di Kota Padang untuk terus berhati-hati di jalanan dan menjalani protokol kesehatan,” ucap Irwan.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan sekarang, tingkat kecelakaan di jalan raya lebih tinggi dibandingkan dengan Covid-19. Disebabkan oleh ketidak hati-hatian pengendara dalam mentaati peraturan berlalu lintas.

“Saya melihat, ketidakpatuhan masyarakat berlalu lintas cukup tinggi, dibandingkan Covid. Oleh karena itu dengan acara ini mari kita sosialisasikan ditengah masyarakat sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan berlalu lintas,” ucapnya.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, M.H dalam kesempatan itu menyetujui apa yang diungkapkan Gubernur Sumbar. Kapolda menjelaskan, pada saat ini kecelakaan berlalu lintas merupakan penyumbang kematian paling tinggi di Indonesia.

“Di Sumbar sendiri terjadi dalam lima tahun terjadi 2.300 peristiwa kecelakaan berlalulintas yang menyebabkan kematian. Artinya, setiap hari ada dua kejadian kecelakaan yang berakibatkan kematian. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat bagus sekali karena mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas,” ucapnya.

Virtual Rally Fun Bike merupakan kegiatan dalam rangka pekan nasional keselamatan jalan tahun 2020 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di masa pademi Covid-19. Pekan nasional keselamatan jalan telah berlangsung dari tahun 2007 yang lalu dan dilaksanakan secara bersama degan kementrian, lembaga dan instansi terkait.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini melibatkan 32 tim yang berjumlah 160 peserta yang melakukan start dan finish di daerahnya sendiri-sendiri.

Kepala BPTD wilayah III Provinsi Sumbar, Deny Kusdyana dalam kesempatan tersebut menjelaskan Virtual Rally Fun Bike diikuti oleh peserta secara virtual sebanyak 32 tim dari berbagai daerah di sumbar. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi keselamatan kepada seluruh lapisan masyarakat penguna jalan raya.

“Dalam pelaksanaannya, setiap tim terdiri dari lima orang, yang memulai start dari daerah masing-masing dan mengirimkan hasil rekaman bersepeda via aplikasi bersepeda. Selain itu, setiap tim harus melakukan kegiatan social responsibility seperti membersihkan rambu-rambu lalu lintas, pembagian masker, dan pelaksanaan peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 tahun 2020 tentang pesepeda di jalan dan kegiatan ini tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” ucapnya.

Lebih lanjut Deny menambahkan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah III Provinsi Sumbar telah melaksanakan sosialisasi keselamatan dengan memanfaatkan instragram, dan kompetisi mural yang dilakukan di lima halte Trans Padang.

“Kami telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam sosialisasi keselamatan berlalulintas. Sebelumnya, kita memanfaatkan instagram, lomba mural. Dan pada saat ini. Kita melakukan Virtual Rally Fun Bike. Selain itu juga akan dilangsungkan webinar dengan judul Transportasi di era Adaptasi Kebiasaan Baru yang akan dilaksanakan pada 29 September 2020. Puncak kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan ini sendiri akan dilangsungkan pada 1 Oktober 2020 yang akan datang,” tutupnya.

(rel/eds)

Kami Hadir di Google News