ReligiSumatera Barat

Kemenag Sumbar Launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Solok Selatan

94
×

Kemenag Sumbar Launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Solok Selatan

Sebarkan artikel ini
launching bimbingan manasik haji sepanjang tahun Kabupaten Solsel
Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Joben saat me-launching bimbingan manasik haji sepanjang tahun Kabupaten Solsel di aula Kemenag setempat, Rabu (30/9/2020). (Ist)

mjnews.id – Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), H. Joben, me-launching Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun yang digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan di aula Quwwatul Ummah, Rabu (30/9/2020).

Peluncuran bertemakan “Mewujudkam Jamaah Haji yang Mandiri dan Makbur” itu, turut dihadiri Bupati Solsel diwakili Plh. Sekdakab H. Fidel Efendi, Kapolres Solsel AKBP Tedy Purnanto, Plt. Kadisdikpora Solsel Novrizon, Pemimpin Bank Nagari Padang Aro dan Kepala Cabang BRI Padang Aro.

Sementara dari jajaran Kemenag Solsel hadir Kakan Kemenag, H. Syamsuir, Kasubag TU Fitriyoni, Kasi PHU H. Syaiful Anwar, Kasi Pendis H. Mahadolok R. Kasi Bimas, H. Erman, Penyelenggara, Zakat dan Wakaf, Syafra Haradi dan lainnya Selain itu juga hadir seluruh kepala KUA dan madrasah se-Solsel serta para calon jemaah haji. 

Pemerintah Kabupaten Solsel sebagaimana dikatakan Fidel Efendi menyambut baik bimbingan tersebut. Ke depan tentu akan berdampak akan semangkin mandirinya jemaah haji dalam menunaikan ibadah haji. 

Fidel Efendi juga meminta dukungan pada pengelolah haji, baik yang ada di Solsel maupun di provinsi, terkait kuota jemaah haji Solsel yang masih sedikit setiap tahunnya. 

Pada kesempatan itu, Fidel Efendi juga menjelaskan berbagai program yang sedang dilakukan pemerintah terkait wabah covid-19, yang harus mendapat dukungan dari jajaran Kemenag Solsel. 

Sementara itu, Kepala Kemenag Solsel, H. Syamsuir, menyampaikan berbagai program kementerian agama yang masih sangat butuh kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak. 

Salah satu dukungan yang dibutuhkan adalah terwujudkan program bimbingan haji setiap tahun di Solsel. Ini akan berdampak meningkatkan jumlah calon jemaah haji di kabupaten berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang ini. 

Syamsuir menjelaskan, calon jemaah haji Solsel tahun ini tercatat sebanyak 25 orang yang akan diberangkatkan pada tahun 2021. Pada tahun 2019 lalu, jumlah Jemaah Haji Solsel sebanyak 48 orang. 

Sementara itu Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Joben mengatakan, pelaksanaan bimbingan ini adalah bagian dari bentuk upaya jajaran Kementerian Agama secara nasional untuk mewujudkan kemandirian calon jemaah haji dalam melaksanakan serangkaian ibadah haji. 

“Tercatat masih ada para calon jemaah haji yang belum sempurna melaksanakan serangakaian ibadah haji, sehingga masih ada jemaah haji disaat melaksanakan ibadah haji tergantung dengan orang lain,” tambah Joben. 

Pemerintah menganggap hal itu belum maksimal, maka perlu ditambah lagi jumlah manasiknya. Jadi untuk mewujudkan kemandirian itu pula maka dicetuskan inovasi baru, yaitu kegiatan manasik sepanjang tahun.

(Edi Maries Saputra)

Kami Hadir di Google News