ParlemenSumatera Barat

Rapat Paripurna DPRD Memperingati Hari Jadi Provinsi Sumbar ke-75

78
×

Rapat Paripurna DPRD Memperingati Hari Jadi Provinsi Sumbar ke-75

Sebarkan artikel ini
1 Oktober 2020 Sumbar Peringati Hari Jadi ke 75
Pemerintah Provinsi Sumatra Barat memperingati hari jadi ke-75. (Humas)

mjnews.id –  Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi hadir pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (1/10/2020). Kehadiran Gubernur Sumbar periode 2005-2010 tersebut sebagai pembicara dalam rapat paripurna dengan agenda Peringatan ke-75 Hari Jadi Provinsi (HJP).

“Rapat paripurna (HJP) Sumbar besok (hari ini) akan dihadiri oleh Mantan Mendagri Gamawan Fauzi,” kata Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis, Rabu (30/9/2020).

Dia menyebutkan Gamawan Fauzi hadir sebagai tokoh masyarakat. Sebagai orang yang pernah menjadi gubernur dan menjadi Mendagri, Gamawan tentunya sangat paham dengan sejarah Provinsi Sumbar.

“Pak Gamawan akan memaparkan banyak hal terkait Sumbar. Sebagai orang yang pernah memimpin dan telah menjadi tokoh nasional, tentu sangat paham dengan sejarah Sumbar,” sebutnya.

DPRD Sumbar menggelar rapat paripurna Peringatan HJP untuk kedua kalinya. Pertama diperingati tahun lalu setelah 74 tahun, dengan telah ditetapkannya tanggal 1 Oktober 1945 sebagai HJP melalui peraturan daerah.

Perda HJP Sumbar ditetapkan pada 22 Juli 2019 merupakan perda usul prakarsa atau inisiatif DPRD. Melalui berbagai pembahasan disepakati 1 Oktober 1945 sebagai hari jadi Sumbar. Pembahasan melibatkan banyak unsur seperti sejarawan, akademisi, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Penetapan 1 Oktober sebagai HJP berangkat dari momentum sejarah yang terjadi pada waktu itu. Menurut sejarah, 1 Oktober 1945 adalah hari di mana keresidenan Sumbar terbentuk seiring dengan pengambilalihan kekuasaan dari Jepang.

Pengambilalihan itu dimotori oleh M. Syafei, M. Djamil dan Rasuna Said yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sumbar pada masa itu.

(rel/eds)

Kami Hadir di Google News