EkonomiSumatera Barat

PKPEK 2020 di Medan Nan Bapaneh Kota Padang Diapresiasi Seniman Nasional

91
×

PKPEK 2020 di Medan Nan Bapaneh Kota Padang Diapresiasi Seniman Nasional

Sebarkan artikel ini
Sanggar Seni Anjuang Siriah saat tampil di pentas PKPEK 2020
Sanggar Seni Anjuang Siriah saat tampil di pentas PKPEK 2020. (ist)

mjnews.id – Hari ke-19, panggung Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang menampilkan tradisi kesenian sanggar Seni Langkok Group, Sabtu malam (3/10/2020).

Sanggar Seni Langkok Grup berbase Camp di Taman Budaya Padang ini menampilkan tari ragam Andalas, rabab dan tari olai serta saluang bagurau. Di mana penari piring dari group ini , mempertunjukkan kebolehan para penari beraksi di atas pecahan beling.

Selain itu kegiatan ini tetap memperhatikan protokoler kesehatan (Prokes) Covid-19. Karena mengingat virus Covid-19 masih memperlihatkan dominasinya.

Pimpinan Sanggar Seni Langkok Group Hasan mengatakan, awal berdirinya sanggar Seni ini tak terlepas dari berkumpulnya para pecinta seni tradisi Minang. “Dengan tujuan melestarikan seni dan tradisi Minang tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Hasan.

Dikatakan, group ini berdiri sejak tahun 2017 lalu dengan melibatkan pelaku seni dan budayawan yang mencintai peninggalan leluhur sendiri. Bahkan, group ini pernah tampil ke negeri Eropa yakni Belanda, pada tahun 2018 lalu. Selain itu group ini juga sudah melalang buana tampil di kabupaten dan kota di Sumbar ini.

Masih seorang pengurus Sanggar Seni Langkok Group Cendra menilai positif sekali kolaborasi anak nagari yang yang tergabung dalam FKAN Pauh IX menggelar kegiatan PKPEK 2020 ini. “Karena bisa menjadi ajang mempertontonkan seni dan tradisi Minang kepada anak nagari sendiri,” ujar Cendra.

Kemudian diharapkan kegiatan berlanjut pada tahun depan Tentu, juga diharapkan dengan penyajian yang berkualitas dari sekarang. “Sebab dari penampilan ini kita bisa melakukan evaluasi untuk lebih baik pada tahun depan,” kata Cendra.

Pada kesempatan yang sama Tokoh Masyarakat Kota Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam ikut mendukung kegiatan PKPEK 2020 di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX ini.” Karena bisa meramaikan nagari serta berefek ekonomi bagi masyarakat sekitar kegiatan ini,” ujar Irwan.

Dikatakan Irwan, kegiatan ini bisa menumbuhkan kembangkan seni dan tradisi Minang serta kearifan lokal setempat. Sehingga tidak ditelan perkembangan zaman kelak. Sehingga nanti anak nagari tidak kehilangan jati diri dan potensi kearifan lokal.

Diapresiasi Seniman Nasional

PKPEK 2020 yang dihelat Dinas Pariwisata (Dispar) Sumbar berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji, mendapat apresiasi dari penggerak seni dan budaya Minang. Tidak saja dari penggiat seni yang ada di Sumbar. Tapi, juga dari nasional.

Mirall (37) salah seorang penggiat seni yang malang melintang di pentas seni nasional yang sering menggelar pentas seni di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara kegiatan ini.

“Sebagai orang seni saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, saya cukup bangga juga bisa diundang Dinas Pariwisata Sumbar menyaksikan pertunjukan ini,” ujar Mirall saat menyaksikan penampilan tim sanggar seni Anjuang Siriah di hari ke 18 tersebut.

Dia menambahkan, dilihat dari sisi seni dan budaya ini sangat bagus sekali, tidak itu saja dimasa Pandemi ini bisa mengelar kegiatan merupakan suatu yang luar biasa.

“Saya sangat salut dengan pihak penyelenggara yang bisa mengelar kegiatan di masa Pandemi Covid-19 ini, dilihat dari segi penonton memang tidak ramai, namun disisi lain ini bisa menghidupkan kembali seni dan budaya Minang di tengah-tengah masyarakat,” imbuh Miral.

Ketua Harian FKAN Pauh IX Kuranji, Erman Jamal mengatakan, kegiatan pagelaran karya produk ekonomi kreatif 2020 ini dikemas dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19, sehingga penonton yang hadir dibatasi.

“Kita sengaja membatasi penonton yang menghadiri kegiatan ini, karena adanya Pandemi Covid-19 ini kita sebagai pihak penyelenggara diminta untuk menjalankan standar protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan pemerintah dengan menjaga jarak, pakai masker dan selalu cuci tangan,” pungkasnya.

PKPEK merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata Sumbar dengan FKAN Pauh IX, Kuranji. Sekaligus melaksanakan pokok-pokok pikiran dari Anggota DPRD Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman.

(eds)

Kami Hadir di Google News