Sport

Komunitas SMoB Sijunjung Sambangi Warga Transmigrasi Padang Tarok

108
×

Komunitas SMoB Sijunjung Sambangi Warga Transmigrasi Padang Tarok

Sebarkan artikel ini
Komunitas SMoB Sambangi Warga Transmigrasi Padang Tarok
Komunitas SMoB Sambangi Warga Transmigrasi Padang Tarok.

Sijunjung, MJNews.ID – Pada Sabtu 24 Juli 2021, komunitas Sijunjung Mountain Bike sambangi warga transmigrasi Padang Tarok, Kecamatan Kamang Baru.
Komunitas yang lebih dikenal dengan sebutan SMoB Sijunjung ini adalah salah satu komunitas sepeda gunung di Sumatera Barat yang menyelenggarakan event-event sepeda adventure. Event sepeda gunung besutan SMoB yang rutin digelar dan ditunggu-tunggu oleh pecinta sepeda gunung adalah Exploring Lansek Manih, event ini bahkan sudah menjadi agenda regional Sumatera.
Ketua SMoB Sijunjung, Doni Novriedi meluapkan semangatnya perihal bisa membawa anggota SMoB bersepeda ke kawasan Transmigrasi Padang Tarok.
“Sabtu ini adalah hari yang istimewa bagi kami SMoB, kenapa demikian? karena sudah sekian lama kami berencana untuk bersepeda dan bersilaturahmi dengan saudara-saudara kami warga Transmigrasi Padang Tarok ini, dan baru sekarang terlaksana,” demikian ungkap Doni Novriedi yang juga sebagai ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia Pengcab Sijunjung ini.
Sebanyak 11 orang SMoBer (sebutan untuk anggota SMoB) berkesempatan dan ikut dalam kegiatan sepeda ke lokasi transmigrasi Padang Tarok ini. Mereka berangkat menempuh perjalanan dari Muaro Sijunjung dengan menggunakan mobil dan kegiatan bersepeda mengambil start di Pintu Batu.
Jarak yang ditempuh dari Pintu Batu menuju Padang Tarok adalah 13 Km dengan konisi jalan krekel dan tanah. Salah seorang SMoBer Syahrial, menjelaskan bahwa rute Pintu Batu – Padang Tarok cukup menantang bagi pecinta sepeda gunung dari segi kombinasi tanjakan dan turunan.
“Waktu tempuh kami sekitar 2 jam dari Pintu Batu ke Padang Tarok karena kami ingin lebih menikmati panorama, namun demikian bagi goweser pemula sebaiknya harus dengan persiapan yang memadai jika ingin menjajal rute ini, bukan apa-apa karena sepanjang rute ini tidak ada permukiman dan tidak ada yang berjualan makanan dan minuman, jadi harus kita bekal sendiri,” ungkap SMoBer paling senior ini.
Di lokasi Padang Tarok SMoB Sijunjung disambut oleh Kabid Transmigrasi Dinas Sosnakertrans Kabupaten Sijunjung, Joko Ismartanto, SE dan Kepala UPT Transmigrasi Padang Tarok, Darman, SH bersama jajaran staf.
Padang Tarok adalah salah satu lokasi transmigrasi di Kabupaten Sijunjung yang dibuka pada tahun 2016. Sampai saat ini tercatat sudah 211 KK yang menempati wilayah transmigrasi ini. Untuk ke Padang Tarok dapat dilakukan melalui perjalanan darat yang apabila ditempuh dari Muaro Sijunjung memakan waktu sekitar 2,5 jam.
Saat ini di kawasan transmigrasi Padang Tarok ini berangsur-angsur sudah mulai ditingkatkan infrastruktur dan prasarananya misalnya air bersih, listrik dan jalan permukiman.
Sepanjang pengamatan, pertanian dan perkebunan warga transmigrasi juga sudah mulai memberikan hasil. Saat ini produksi pisang dari lokasi ini cukup melimpah, tanaman sawit juga sudah mulai menghasilkan.
(mmc)

Kami Hadir di Google News