Religi

Pustaka Masjid Jami’ Sungai Jambu Tanah Datar Dikunjungi Dirjen Kemenag

74
×

Pustaka Masjid Jami’ Sungai Jambu Tanah Datar Dikunjungi Dirjen Kemenag

Sebarkan artikel ini
Pustaka Masjid Jamik Dikunjungi Dirjen Kemenag
Rombongan Kemenag Pusat saat berjunjung ke kantor Kantor Kemenag Tanah Datar di kawasan Bukik Gombak Batusangkar. (ist)

mjnews.id – Rombongan Dirjen Bimas Islam meninjau keberadaan perpustakaan masjid Jami’ Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Senin (16/11/2020).

Kasubdit Kepustakaan Masjid Kemenag RI Abdullah Al Qolis memimpin rombongan ini saat melaksanakan kunjungan kerja ke Tanah Datar.

Ia menyatakan apresiasi dan kebanggaan pada pengurus Masjid Jami’ Sungai Jambu dan masyarakat telah berupaya membangun pustaka masjid yang bertujuan meningkat minat baca jemaah untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai agama, fiqih dan budaya.

“Kita kagum dan bangga pada pengurus dan masyarakat ya g mendirikan pustaka masjid, bukan itu saja di pustaka ini juga menyimpan buku yang sangat lama umur cetaknya,” kata Al Qolis.

Ia berharap agar koleksi buku yang ada di perpustakaan masjid Jami’ itu dapat dipelihara dan dilestarikan hingga bisa dibaca turun-temurun.

Untuk menambah koleksinya, Kasubdit berjanji akan mendistribusikan buku yang diterbitkan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI ke perpustakaan mesjid tersebut.

Sebelumnya, pustaka masjid ini yang telah berhasil meraih tiga kali penghargaan masjid terbaik di Sumatera Barat, bukan untuk pustaka terbaik saja, tapi menjadi masjid terbaik bidang riayah/managemen arsip pembukuan dan keuangan yang tertata rapi semenjak tahun 1912 sampai sekarang.

Sementara, rombongan Kemenag RI yang berjumlah 23 orang dibawah pimpinan Kadubdit Bina Paham Keagamaan itu diterima Plh. Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar H.Yusmarli dan Plh. Kasi Bimas H. Mhd. Algafari.

Dalam rombongan itu juga ikut dua Kasubdit Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, masing masing Kasubdit Hisab Rukyat Ismail Fahmi dan Kasubdit Kepustakaan Masjid Abdullah Al Qolis didampingi Alwis dan Juli ASN Bidang Urais Kanwil Kemenag Sumbar selaku pemandu selama berada di Sumbar.

Plh. Kepala Kemenah Tanah Datar H. Yusmarli menerima rombongan menyatakan terimakasih atas kunjungan itu.

“Kita berharap agar rombongan Dirjen Bimas Islam saat berada di Tanah Datar merasa nyaman, terutama saat menjalin silaturrahmi dengan ASN jajaran Kankemenag. Semoga silaturrahmi dan hubungan ini tetap terpelihara,” kata Yusmarli.

(Efrizal)

Kami Hadir di Google News