Parlemen

Guspardi Gaus Ajak Tingkatkan Kualitas Pemilu

74
×

Guspardi Gaus Ajak Tingkatkan Kualitas Pemilu

Sebarkan artikel ini
Guspardi Gaus Ajak Tingkatkan Kualitas Pemilu
Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus.

mjnews.id – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus, berharap media secara bersama-sama berkolaborasi dengan DPR RI dan pemerintah untuk mempunyai komitmen yang sama dalam rangka meningkatkan kualitas pemilu dari masa-ke masa. Peran media itu sangat luar biasa.
“Media ini adalah merupakan tonggak yang harus sangat diperhitungkan, mau dibawa ke arah mana Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu ini. Termasuk mau dibawa ke arah mana kondisi masyarakat, ini peran media sangat luar biasa. Intinya, bagaimana kualitas pemilu ke depan harus terangkat,” kata Guspardi Gaus berbicara dalam Forum Legislasi DPR RI bertema “Ke Mana Arah RUU Pemilu?” yang digelar di Media Center Gedung Nusantara III DPR RI, Selasa (7/7/2020).
Guspardi menangkap, harusnya RUU ini dibawa ke sesuatu yang positif. Artinya, hak demokrasi daripada masyarakat harus betul-betul dirasakan secara langsung. “Kemudian memilih pemimpin yang berkualitas, sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat,” tambahnya lagi.
Selain itu, bagaimana pemilu itu dilakukan secara demokratis, jujur umum, bebas, rahasia, efisien dan efektif. Kemudian golnya adalah setelah memilih para pemimpin, baik di legislatif atau eksekutif, bagaimana kesejahteraan masyarakat, bagaimana keadilan dan kemakmuran itu terwujud.
“Itu menurut hemat saya, kalau kita ingin mencari, mau dibawa kemana RUU Pemilu ini. Oleh karena itu, untuk bisa gol kepada apa yang saya sampaikan tadi, tentu kita harus menata. Kemudian memberikan kontribusi dan penyempurnaan terhadap RUU yang sedang dibahas oleh Komisi II sebagai hak inisiatif DPR ini,” ucapnya.
Artinya, lanjut Guspardi adalah bahwa ini merupakan hak inisiatif DPR, karena ini adalah merupakan bidang tugas daripada Komisi II DPR dan sudah memasukkannya ke Badan Legislasi (Baleg) untuk menjadi prolegnas tahun 2020.
“Saat ini, Komisi II DPR sudah melakukan RDPU dengan pakar, akademisi dan tokoh masyarakat, untuk memberikan masukan saran dan kesempurnaan terhadap draf yang kami buat,” tutupnya.

(Effendi)

Kami Hadir di Google News