Way KananLampung

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Way Kanan Kembali Deklarasi Netralitas ASN

114
×

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Way Kanan Kembali Deklarasi Netralitas ASN

Sebarkan artikel ini
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Way Kanan Kembali Deklarasi Netralitas ASN
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Way Kanan Kembali Deklarasi Netralitas ASN. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Hanya beberapa bulan lagi, Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 akan dilaksanakan tepatnya pada 24 Februari 2024. Saat ini tahapan Pemilu sendiri akan memasuki masa penetapan calon tetap dan juga jadwal kampanye bagi peserta Pemilu seperti : Capres dan Cawapres, Caleg DPD, DPR RI, dan Caleg DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Meski pada bulan November 2022, Pemerintah Kabupaten Way Kanan telah melaksanakan Deklarasi Netralitas bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN), hari ini Senin (30/10/2023), kegiatan serupa kembali dilakukan.

Bertempat di halaman Buay Pemuka Pemkab Way Kanan, telah dilakukan kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 dan Deklarasi Netralitas ASN tingkat Kabupaten Way Kanan yang diikuti oleh ratusan ASN, Pol. PP, KNPI, Karang Taruna, perwakilan SMA, Pramuka, dan Jajaran Panwascam.

Bertindak selalu inspektur Upacara adalah Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya dan pemimpin upacara dari perwakilan KNPI Way Kanan.

Dalam sambutannya, Bupati Way Kanan membacakan pidato dari Mentri Pemuda dan olahraga Republik Indonesia.

Selesai upacara, para ASN yang berseragam Korpri tersebut membentuk barisan kembali menghadap inspektur upacara tidak terkecuali Sekda Saipul untuk melakukan Deklarasi Netralitas ASN. Bupati kembali memberikan sambutan dan menekankan bahwa Netralitas bukan berarti tidak memilih.

“Netral bukan berarti tidak memilih/menggunakan hak suaranya pada saat pencoblosan 14 Februari, melain tidak memihak terhadap salah satu peserta Pemilu tertentu,” jelas Raden Adipati Surya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bawaslu Provinsi Lampung yang disampaikan Imam Bukhori selalu Kordiv SDMO yang menekankan bahwa Pemilu menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya penyelenggara Pemilu.

“Pemilu ini adalah milik kita semua, tentang bagaimana keberlanjutan Bangsa ini selama lima tahun yang akan datang. Oleh sebab itu, bersama kita mengharap agar Pemilu ini berjalan dengan kondisi, lancar, sukses tanpa halangan dan ini membutuhkan komitmen yang kuat dari semua pihak”. Jelas Imam Bukhori.

Selanjutnya Imam menambahkan bahwa Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan pihak lainnya telah membantu mensukseskan kegiatan Bawaslu selama ini, terlebih tahun depan juga selain Pemilu akan ada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang anggarannya disuport oleh Pemda Way Kanan dan tadi ada laporan bahwa InsyaAllah Bawaslu Way Kanan periode ini akan mendapatkan hibah bangunan sebagai kantor permanen Bawaslu Kabupaten Way Kanan. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih. Tambah Imam.

Selanjutnya Sekda Way Kanan Saipul memimpin pembacaan Deklarasi Netralitas ASN sebagai berikut:

Kami Seluruh ASN di Pemerintahan Daerah Kabupaten Way Kanan, Menyatakan sebagai berikut::

  1. Menjaga dan Menegakkan Prinsip Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Melaksanakan Fungsi Pelayanan Publik Baik sebelum, Selama, Maupun Sesudah Pelaksanaan Pemilu Dan Pemilihan Tahun 2024;
  2. Menghindari Konflik Kepentingan, Tidak Melakukan Praktik-Praktik Intimidasi Dan Ancaman Kepada Pegawai ASN dan Seluruh Elemen Masyarakat Serta Tidak Memihak Kepada Pasangan Calon Tertentu;
  3. Menggunakan Media Sosial Secara Bijak, Tidak Dipergunakan Untuk Kepentingan Pasangan Calon Tertentu, Tidak Menyebarkan Ujaran Kebencian Serta Berita Bohong;
  4. Menolak Politik Uang Dan Segala Jenis Pemberian Dalam Bentuk Apapun.lebih lanjut dengan membubuhkan tanda tangan pada Baner yang sudah disiapkan terkait Deklarasi Netralitas ASN.

Acara dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Way Kanan Sigit Dwi Suwardi, Lekat Rizwan, Lukman Latif, dan Arif Rahman,perwakilan KPU, Kajari, dan tamu undangan lainnya yang sudah ditentukan.

(ton)

Kami Hadir di Google News