KesehatanLampungPesisir Barat

Dorong Program JKN-KIS, Pemkab Pesisir Barat Terima Penghargaan UHC dari Pemerintah Pusat

102
×

Dorong Program JKN-KIS, Pemkab Pesisir Barat Terima Penghargaan UHC dari Pemerintah Pusat

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pesisir Barat Terima Penghargaan UHC
Pemkab Pesisir Barat Terima Penghargaan UHC.

Jakarta, Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, terima penghargaan Universal Health Coverage (Cakupan Kesehatan Semesta) di Indonesia melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis Pemerintah Pusat, Selasa (14/3/2023).

Pemberian penghargaan berlangsung di Balai Sudirman Jakarta Selatan dihadiri peserta penerima penghargaan dari 22 Provinsi dan 334 Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia yang telah mendukung Proram JKN-KIS.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di sela-sela acara.

“Penghargaan diberikan kepada 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota yang telah mendukung Program JKN-KIS sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) dalam kerangaka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Dalam penyerahan UHC, Wakil Presiden RI didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.

Di kesempatan itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN-KIS.

Namun Ghufron menekankan tercapainya predikat UHC juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

“Untuk itu, BPJS Kesehatan juga berupaya memperluas akses layanan kesehatan tersebut dengan bekerjasama dengan fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan (rumah sakit). BPJS Kesehatan mendorong Kementerian dan Pemda terkait dalam hal memenuhan sarana dan prasarana di daerah agar mutu layanan kesehatan dapat dirasakan sama, dimanapun peserta itu berada,” ujar Ghufron

Di sisi lain, Bupati Pesisir Barat, H. Agus Istiqlal melalui Wakilnya A. Zulqoini Syarif menyampaikan ucapan syukur dan bangga atas capaian kerja keras Pemerintah Daerah dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berjalannya Program JKN-KIS di Bumi Para Saibatin dan Para Ulama.

A. Zulqoini menambahkan, dengan telah diterimanya Award UHC ini tentunya Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat akan terus berupaya maksimal dalam melayani masyarakat. Kedepannya kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Pesisir Barat tetap terjamin akses layanan kesehatannya.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi di Krui atas kerjasamanya yang luar biasa selama ini sehingga masyarakat Kabupaten Pesisir Barat bisa terjamin ke dalam Program Kesehatan Nasional,” ungkap Wakil Bupati.

(Azr)

Kami Hadir di Google News